Sabtu, 2 Juli 2022

Sambut Ramadan, GM PT KPI Unit Cilacap : Jadikan Puasa sebagai Pendongkrak Kinerja Perusahaan

Kultum menjelang sholat tarawih sekaligus membuka rangkaian amaliyah Ramadan 1443 H, di Masjid Baiturrahim, komplek perumahan Pertamina Gunung Simping, Sabtu (2/4/2022) malam lalu.

Ibadah puasa sebagai ritual utama di bulan suci Ramadan, hendaknya menjadi sarana mendongkrak semangat dan produktivitas kinerja perusahaan. Hal itu disampaikan Pjs. GM PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Arief Budiyanto, saat menyampaikan kultum menjelang sholat tarawih sekaligus membuka rangkaian amaliyah Ramadan 1443 H, di Masjid Baiturrahim, komplek perumahan Pertamina Gunung Simping, Sabtu (2/4/2022) malam lalu.


Cilacap, serayunews.com

Menurut Arief, puasa Ramadan oleh sebagian orang kadang dijadikan pembenaran untuk kelesuan, dan kemerosotan produktivitas kerja dengan alasan tubuh jadi letih, lesu dan lemas.

Baca juga  Perusahaan asal Korea Investasi Rp142 Triliun di Batang

“Padahal, Rasulullah SAW dan sahabatnya tidak mencontohkan demikian mengingat banyak peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan, seperti perang Badar hingga pembebasan kota Mekkah. Termasuk di Indonesia, proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 bertepatan di bulan Ramadan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Arief mengajak khususnya para Perwira dan Pertiwi PT KPI Unit Cilacap, untuk menjadikan puasa sebagai katalisator meningkatkan semangat kerja agar dapat menyelesaikan program-program yang sedang dilakukan.

“Perusahaan energi kebanggaan bangsa ini, harus memiliki kinerja yang semakin baik, berdaya saing tinggi, dan meningkatkan kesejahteraan kita semua. Semoga di bulan penuh berkah ini, kita semua juga dapat menjalankan amanah pengelolaan kilang dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Baca juga  Pembinaan Usia Muda, Askab PSSI Cilacap Bakal Gelar Bupati Cup U12

Ditambahkan, Ramadan juga hendaknya menjadi momentum refleksi dan muhasabah diri atas apa yang dilakukan sebelas bulan ke belakang. “Barangkali adanya pandemi Covid-19 ini sebagai isyarat untuk kaum muslimin, agar lebih banyak waktu mendekatkan diri dan memperbanyak ibadah kepada-Nya. Mari berdoa semoga pandemi segera berlalu, agar kita bisa menjalani Ramadan dengan tenang dan khusyu,” kata Arief.

Ketua Panitia Amaliyah Ramadan 1443 H PT KPI Unit Cilacap, Basuki Aji, melaporkan rangkaian kegiatan Ramadan antara lain sholat tarawih berjama’ah, ceramah tarawih & subuh, tadarrus Alquran, Pesantren Ramadan, Pesantren Camp, Lomba Anak Islami, pengajian akbar Nuzulul Quran, Ramadan Berbagi, Zakat Fitrah dan Zakat Maal, I’tikaf, diakhiri takbir keliling dan shalat Idul Fitri.

Baca juga  Lestarikan Sungai Donan Cilacap, 50 Ribu Mangrove Ditanam dan 1000 Bibit Kepiting Ditebar

“Sebelumnya ada juga kegiatan pra-ramadan seperti penggalangan dana, sepakboka ukhuwah, kerja bakti di lingkungan masjid, pengajian Tarhib Ramadhan dan gowes sambut Ramadan,” ungkapnya.

Sementara itu kultum tarawih perdana dan pembukaan amaliyah Ramadan ini, juga disiarkan secara daring di masjid-masjid lingkungan PT KPI Unit Cilacap, seperti di Masjid Baiturrahmah komplek perumahan Pertamina Donan, Masjid Baitussalam komplek perumahan Pertamina Tegalkatilayu dan Masjid Hasbunallah area 70.

Berita Terkait

Berita Terkini