Santri Gayeng Nusantara Bedah Rumah Warga di Punggelan Banjarnegara

Santri Gayeng Nusantara Bedah Rumah Warga di Punggelan Banjarnegara

Bagikan:
Santri Gayeng Nusantara Bedah Rumah Warga di Punggelan Banjarnegara. (Maula)

Melihat kondisi rumah sangat tidak layak milik Ali Maksum yang ada di Desa Karangsari, Kecamatan Punggelan, tim Santri Gayeng Nusantara (SGN) langsung bergerak dengan melakukan bedah rumah.


Banjarnegara, Serayunews.com

Aksi bedah rumah merupakan satu kegiatan bidang sosial kemasyarakatan dari SGN yang ada di bawah komando Panglima SGN, KH Tak Yasin Maimoen yang juga wakil Gubernur Jawa Tengah.

Ketua SGN Jawa Tengah, KH Muhammad Chamzah Hasan mengatakan, bantuan tersebut merupakan satu pemantik dan stimulus bagi masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Banjarnegara. Apalagi wilayah Banjarnegara, termasuk daerah yang masih ada miskin esktrem.

“Meski berada di pusat kota kecamatan, rumah ini sudah tidak layak, sehingga kami melakukan inisiatif untuk membantu dengan membedah rumah agar kondisinya menjadi lebih layak,” katanya.

Selain itu, dia juga mengajak pemerintah desa, kecamatan, dan swasta untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan di wilayah masing-masing.

“Bantuan ini hanya stimulus, nantinya pemerintah desa bisa mengerahkan warga untuk gotong royong dalam pembangunan, begitu juga dengan kecamatan yang bisa merangkul pihak swasta dalam penyaluran CSR,” ujarnya.

Dikatakannya, sebagai organisasi kemasyarakatan SGN memiliki beberapa divisi, seperti pemberdayaan UMKM, Sosial, serta Pendidikan Keagamaan.

“Hari yang sama, kita juga memberikan bantuan stimulus untuk pembanguan TPQ Tarbiyatul Aulaad di Desa Purwasana, Kecamatan Punggelan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Punggelan, Joko Prayitno, menyambut baik kegiatan sosial yang dilakukan oleh SGN. Dana yang digunakan bukan berasal dari APBD, sehingga perlu diapresiasi. Apalagi di wilayah Punggelan masih banyak rumah tidak layak huni dan masuk dalam kategori miskin ekstrem.

“Kami sangat menyambut baik, kami juga berharap SGN bisa kembali melakukan kegiatan sosial yang lain di wilayah kami, ini jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.


© 2016 Serayu News