Jumat, 30 September 2022

Satu Jasad Nelayan yang Tenggelam di Pantai Sodong Cilacap Ditemukan Mengambang

Tim SAR melakukan evakuasi jenazah nelayan yang telah ditemukan. Sebelumnya nelayan tersebut tenggelam di Pantai Sodong. Foto: Basarnas Cilacap

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan salah satu korban tenggelam di Perairan Selatan Pantai Sodong Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Minggu (16/01/2022) sore. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sementara satu korban lain masih dalam pencarian.


Adipala, serayunews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, korban ditemukan atas nama Juweni (55) pada Minggu (16/01/2022) sore sekitar pukul 16.05 WIB. Korban ditemukan dari lokasi kejadian ke arah selatan dengan jarak sekitar 2 nautical mile dalam keadaan meninggal dunia.

“Korban ditemukan saat kita sedang melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu karet dan melihat sesosok benda sedang mengambang. Kemudian setelah kita dekati itu korban yang kita cari dan langsung kita evakuasi ke daratan dan dibawa ke RSUD Cilacap,” ujar Nyoman dalam keterangannya.

Korban ditemukan atas nama Juweni (55), merupakan warga Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Sedangkan, satu korban tenggelam lainnya masih dilakukan pencarian yakni atas nama Toni (45) warga Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.

Sebelumnya, dikabarkan korban tenggelam pada Sabtu (15/01/2022) siang, saat sedang menjaring ikan bersama 12 ABK di Perairan Selatan Pantai Sodong Kecamatan Adipala Cilacap. Namun nahas datang ombak tinggi yang menghantam kapal tersebut, mengakibatkan 2 ABK terpental dan tenggelam.

“Pencarian akan kita lanjutkan besok Senin (17/01/2022) pagi, dengan rencana sesuai Operasi SAR dan penyisiran permukaan air dan penyisiran darat. Pencarian kita kerahkan sekitar 70 personel SAR gabungan dan dua rubber boat, satu RIB Basarnas dan di bantu perahu jukung katir oleh pihak SAR lokal,” ujarnya.

Dalam pencarian melibatkan unsur SAR gabungan terdiri Basarnas Kantor SAR Cilacap, Polairud Cilacap, Polsek Adipala, Koramil Adipala, Cilacap Rescue, Bagana, SAR Sodong, TPKL, SAR MTA, Lintas Ambulance Indonesia, SAR Pantas DIY, Rapi, Relawan Elang Putih, MDMC, Siaga Peduli dan Nelayan Sekitar.

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini