Sabtu, 3 Desember 2022

Sebanyak 80 Mahasiswa UNLA Praktik Kerja Lapangan di Lapas Nusakambangan

 

Koordinator Wilayah Pemasyarakatan Nusakambangan I Putu Murdiana saat menerima 80 mahasiswa UNLA untuk melaksanakan PKL di Lapas Nusakambangan, Sabtu (19/11/2022). (Dok Lapas Batu Nusakambangan).

Sebanyak 80 orang mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Langlangbuana (UNLA) Bandung, Jawa Barat, melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) di sejumlah Lapas yang ada di Pulau Nusakambangan. Peserta PKL terbagi dalam beberapa kelompok, akan praktik untuk menggali data maupun informasi dari Lapas yang telah ditunjuk.


Nusakambangan, serayunews.com

Puluhan mahasiswa peserta PKL didampingi Dekan Fakultas Hukum UNLA Ernawati dan segenap civitas akademika tiba di Pulau Nusakambangan. Mereka diterima oleh Koordinator Wilayah Pemasyarakatan Nusakambangan I Putu Murdiana di Wismasari Nusakambangan, Sabtu (19/11/2022).

I Putu Murdiana yang juga sebagai Kepala Lapas Kelas I Batu Nusakambangan mengatakan, pentingnya implementasi ilmu pengetahuan yang mahasiswa pelajari di kampus. Caranya dengan praktik di lapangan agar pemahamannya lebih optimal. Sehingga mahasiswa lebih kritis dalam menghadapi permasalahan hukum saat ini.

“Isu aktual seperti over crowding di Lapas tentunya harus mendapatkan solusi yang cepat dan tepat. Karena, mahasiswa sebagai cendekiawan muda harus mampu memberikan solusi-solusi kepada pemerintah agar permasalahan ini bisa teratasi,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UNLA Ernawati menyampaikan rasa kagum terhadap kinerja dan pengabdian para petugas di Pulau Nusakambangan. Meskipun jauh dari keluarga, namun terus membina dan melayani warga binaan, walaupun status mereka tergolong risiko tinggi.

“Harapannya para petugas dapat memberikan sharing knowledge kepada mahasiswa. Sehingga, dapat penambah pengetahuan dan wawasan mereka terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas akhir mereka,” ujarnya.

Dalam kegiatannya, peserta PKL terbagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok praktik pada lapas dengan menggali dan mengumpulkan data melalui wawancara/interview kepada petugas maupun warga binaan sesuai dengan tema penelitiannya.

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini