Minggu, 5 Februari 2023

Sebanyak 852 Anggota PPS Pemilu 2024 di Cilacap Dilantik

KPU Kabupaten Cilacap saat melantik dan melakukam pembinaan kepada 852 anggota Panitia Pamungutan Suara (PPS) Kabupaten Cilacap, di Cilacap, Selasa (24/1/2023). (Ulul Azmi/Serayunews)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap melantik sebanyak 852 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Cilacap yang akan bertugas pada Pemilu 2024 mendatang. Demi kelancaran pemungutan suara, petugas PPS diminta paham manajerial di tempat pemungutan suara (TPS).


Cilacap, serayunews.com

Pelantikan 852 anggota PPS Kabupaten Cilacap dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama untuk 402 anggota PPS wilayah Cilacap bagian timur bertempat di hotel Aston INN Cilacap, dan sisanya dilantik di wilayah Sidareja, Selasa (24/1/2023).

“Pendaftar 1800 lebih, yang dilantik 852 sekarang banyak yang muda, semangatnya regenerasi, kemudian perangkat teknis banyak memanfaatkan teknologi informasi sehingga lebih mudah adaptasinya,” ujar Ketua KPU Cilacap Handi Tri Ujiono.

Handi meminta kepada para anggota PPS terlantik nantinya bisa menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu dengan penuh integritas dan manajerial yang baik.

“Paling penting mereka mampu menempatkan diri sebagai manajer, untuk mengatur bagaimana pemilu berjalan dengan baik, pemilih terlayani dengan baik, peserta pemilu juga dilayani dengan baik dengan menegakkan regulasi yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Selain itu, Handi juga memastikan bahwa anggota PPS saat ini telah mejalani uji kesehatan dengan baik, karena berkaca dari pemilu sebelumnya yang meninggal hingga sembilan orang akibat kelelahan.

“Deteksi awal bagi yang punya komorbid, itu nanti juga berlaku untuk KPPS, Alhamdulillah KPU Kabupaten Cilacap memfasilitasi. Pengalaman dari 9 orang yang meninggal dulu, usianya tidak terlalu sepuh tapi memang punya komorbid, menurut analisis rata-rata jantung,” imbuhnya.

Setelah dilantik, para anggota PPS ini akan mendapat pebinaan dan pelatihan dengan melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Usai pelantikan juga digelar Apel Siaga Pemilu, untuk mengetahui kesiapan tahapan Pemilu 2024.

Berita Terpopuler

Berita Terkini