Sabtu, 8 Oktober 2022

Sebelum Lebih Banyak Korban, Pemkab Banyumas dan PT KAI Daop 5 Segera Perbaiki Perlintasan KA di Sumpiuh

Kondisi perlintasan rel Kereta Api di Sumpiuh, Kamis (14/7/2022). (Dok Heru Suswanto)
Sebelum lebih banyak lagi korban pengendara yang tergelincir, Pemkab Banyumas bakal segera perbaiki perlintasan KA di Sumpiuh. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, langsung berkoordinasi dengan PT KAI Daop 5 Purwokerto, terkait penanganan perlintasan sebidang tersebut.

Purwokerto, serayunews.com

Sebelumnya, beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial Banyumas, sejumlah pengendara sepeda motor tergelincir hingga terjatuh di dekat perlintasan Kereta Api Sumpiuh.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak kereta api, itu sebenarnya juga baru ada perbaikan kemarin-kemarin,” kata Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPU Kabupaten Banyumas, Riyatno, Selasa (19/7/2022).

Riyatno juga menjelaskan, kondisi jalan tersebut tidak lurus dengan jalan. Karena agak menyerong membelah jalan, sehingga menyebabkan pemotor banyak yang terpeleset, terlebih pada saat hujan.

“Kalau posisinya tegak lurus dengan jalan, memotong, pasti bagus. Pengendara juga harus lebih berhati-hati,” ujarnya.

Namun demikian, untuk perbaikan jalan ataupun mengganti jalan dengan beton bukan aspal, diakui Riyatno, bukan wewenangnya. Sebab, jalanan tersebut merupakan jalan nasional.

“Itu kewenangan PPK (Pejabat Pembuat Kewenangan, red) karena itu jalan nasional,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini