Jumat, 12 Agustus 2022

Sekda Purbalingga Ajak SKPD Optimalkan Penggunakan Produk Dalam Negeri

Sekda Purbalingga Herni Sulasti

Pemerintah tengah gencar menyosialisasikan penggunakan produk dalam negeri, untuk mengoptimalkan dan menguatkan struktur industri dalam negeri. Pemkab Purbalingga pun membuat surat edaran (SE) dari Sekretaris Daerah (Sekda).


Purbalingga, serayunews.com

Sekda Purbalingga, Herni Sulasti, menerbitkan surat edaran (SE) untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri.

Surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) No. 530/3445/SJ tanggal 19 Juni 2022. Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), diminta untuk mulai menggunakan aplikasi tersebut per 1 Juli 2022.

Baca juga  Kecelakaan Maut, Pemotor di Kemangkon Purbalingga Tewas Tabrak Truk Tronton Parkir

“Pemda Purbalingga terus berusaha untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri melalui aplikasi Pelaporan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Seluruh SKPD untuk mulai menggunakan aplikasi tersebut,” katanya, Selasa (02/08/2022).

Herni meminta masing-masing SKPD, untuk mengakses P3DN melalui tautan https://p3dn.sipd.kemendagri.go.id.

Menurutnya, aplikasi P3DN ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari layanan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), di mana SKPD dalam melakukan pelaporan perencanaan dan realisasi atas penggunaan produk dalam negeri yang terintegrasi dengan dashboard pelaporan P3DN nasional.

Herni mengajak agar dalam pengadaan barang dan jasa di seluruh SKPD, untuk meningkatkan penjualan produk dalam negeri.

Baca juga  Demi Perkuat Ekonomi dan Kesejahteraan Desa, BUMDes jangan Takut Berinovasi 

Sedangkan bagi SKPD, dengan adanya aplikasi P3DN harapannya bisa mempermudah dalam pengadaan barang dan jasa karena sudah terintegrasi dengan SIPD.

Sehingga setiap SKPD yang mengakses aplikasi tersebut, menggunakan username dan password kepala SKPD yang sudah terdaftar pada SIPD.

“Apabila ada permasalahan dalam pengisian pelaporan, mohon untuk segera berkoordinasi dengan Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Purbalingga,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini