Selasa, 24 Mei 2022

Selama Lebaran UMKM di Cilacap Menggeliat, Bisnis Makanan dan Parsel Raup Untung Berlipat

Potret UMKM di Cilacap. (Irfan)

Geliat UMKM di Cilacap selama Lebaran 2022, meningkat terutama bisnis makanan kering dan parsel. Para pelaku UMKM mengaku, meraup untung berlipat pada momen Lebaran tahun ini.


Cilacap, serayunews.com

Ketua Asosiasi UMKM Cilacap, Suwaryan mengatakan, momen Lebaran tahun ini memberikan efek positif bagi geliat UMKM di Cilacap. Apalagi semenjak pemerintah mengumumkan memperbolehkan mudik Lebaran, para pelaku UMKM mendapatkan banyak pesanan parsel maupun katering.

“Alhamdulilah sekali, Lebaran tahun ini berkah bagi kami. Banyak pesanan masuk, mulai dari parsel hingga katering ataupun berbagai jenis makanan ringan,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (10/5/2022).

Baca juga  Masa Jabatan Akan Berakhir, Bupati Tatto Pimpin Apel Lebaran untuk Terakhir Kalinya

Suwaryan menyebutkan, selain banyaknya pesanan parsel untuk keperluan bingkisan Lebaran, selama bulan puasa pun tak sedikit pesanan untuk berbuka bersama yang masuk ke pelaku UMKM. Hal itu pun membuat pemasukan para pelaku UMKM, menjadi berlipat.

“Sebenarnya sudah sejak 6 bulan geliat UMKM ini meningkat, terutama semenjak angka Covid-19 di Cilacap menurun drastis. Dari situ kami mulai bisa bangkit sedikit demi sedikit,” tuturnya.

Dalam momen Lebaran ini juga, kata dia, banyak pelaku UMKM yang banting setir untuk sementara waktu menjadi penjual roti kering maupun parsel. Hal itu karena permintaannya cukup banyak, selama Lebaran tahun ini.

Baca juga  Digawangi Pejabat dan Pengusaha, Ini Kiprah Yayasan Serulingmas di Banyumas Raya

“Banyak juga yang mendadak jadi penjual parsel, karena menerima pesanan dari temannya atau bahkan dikasih orderan dari sesama penjual yang kewalahan,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini