Jumat, 30 September 2022

Semangat Pasukan Perempuan, Antarkan Subagyo Masuk 5 Besar Lomba Senam SICITA

Pasukan perempuan senam SICITA di bawah komando Subagyo SPd.MSi berfoto bersama usai lomba pekan lalu. (Foto : Dok Subagyo)

Setelah meraih juara 1 lomba Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) tingkat DPC PDIP Banyumas, pasukan senam perempuan di bawah komando Subagyo SPd.MSi yang merupakan komandan T sekaligus ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Banyumas berhasil masuk 5 besar di tigkat DPD. Pasukan perempuan dari Kecamatan Jatilawang ini siap tempur memperebutan piala Puan Maharani pada hari Minggu (18/9/2022) di Semarang.


Purwokerto, serayunews.com

Terkait prestasi yang diraih ini Subagyo bertutur, ia dan istri terjun langsung untuk melatih, memantau hingga memberikan semangat kepada 120 pasukan perempuan tersebut. Evaluasi juga terus dilakukan dan berbagai reward diberikan kepada yang terbaik.

“Sebelum penilaian di tingkat DPC, saya mengadakan lomba senam terlebih dahulu. Satu regu senam terdiri dari 20 orang dan saya memilih 6 regu terbaik untuk diikutkan dalam lomba DPC,” kata ketua Komisi II DPRD Banyumas ini, Jumat (16/9/2022).

Cara yang ditempuh Subagyo ini ternyata membuahkan kemenangan. Ia mengatakan, tujuan diadakan lomba di awal adalah supaya latihan dijalankan lebih maksimal dalam kelompok-kelompok kecil, sehingga kekompakan gerakan lebih terarah. Dan 6 regu terbaik yang terpilih, kemudian digabungkan menjadi pasukan besar yang ikut dalam perlombaan di DPC.

Metode ini tentu saja membutuhkan biaya tak sedikit. Wakil rakyat dari PDIP ini harus mengeluarkan biaya pribadi untuk memberikan hadiah kepada 6 regu pemenang, termasuk para peserta sebanyak 120 orang juga diberikan semangat dengan uang lelah.

Tak hanya terjun langsung memantau latihan, totalitas Subayo juga terlihat dengan keterlibatannya menciptakan kreasi gerakan senam, mulai dari membentuk formasi lingkaran, penambahan lagu di awal untuk menambah nuansa nasionalisme hingga gelegar suara Subagyo yang cukup membangkitkan semangat.

“Bangkitnya kesadaran politik kaum perempuan jelang Pemilu 2024, ditandai dengan gempita semangat senam SICITA, dan dari Lapangan Diponegoro Jatilawang dengan bangga kami tampilkan senam SICITA perempuan-perempuan perkasa Indonesia,” katanya.

Subagyo SPd.MSi (depan) bersama kru senam SiCITA di Lapangan Diponegoro, Jatilawang.(Foto : Dok. Subagyo)

Setelah meneriakan yel-yel bersama, gerakan pemanasan diawali dengan sebaris syair Padamu Negeri yang disambung dengan lagu Garuda Pancasila. Pasukan kemudian membentuk formasi lalu berlanjut dengan lagu senam SICITA, mulai dari Manuk Dadali, Ampar-Ampar Pisang hingga Yamko Rambo Yamko. Pengambilan video juga terlihat bervariatif dan professional, sehingga semua kerja keras tersebut berbayar prestasi yang membanggakan.

“Baik peserta yang ibu-ibu maupun yang remaja putri, semuanya bersemangat, dan kami optimis bisa memberikan penampilan yang terbaik di depan juri besok, karena untuk final nanti, peserta harus tampil langsung,” jelasnya.

Salah satu peserta senam, Inayah mengaku bersemangat mengikuti lomba senam SICITA, karena selain gerakan senam menarik, membuat tubuh bugar, juga dukungan semangat dari Subagyo yang tak pernah henti.

“Setiap latihan, selalu dilakukan evaluasi dan kita perbaiki lagi yang kurang, baik kekompakan gerakan maupun pembentukan formasi dan lain-lain,” tuturnya.

Selain menyabet piala Puan Maharani, senam SICITA di tingkat DPD PDIP Jateng ini juga memberikan hadiah yang fantastis, juara 1 memperoleh uang senilai Rp75 juta dan untuk viewer terbanyak di youtube mendapatkan apresiasi Rp 50 juta. Untuk mengantarkan perwakilan dari DPC PIDP Banyumas ini meraih juara, cukup klik https://youtu.be/CK5YAeyUl0Y.

Berita Terpopuler

Berita Terkini