Minggu, 19 September 2021

Semangat Peringati Haornas, KONI Banjarnegara Dorong Industri Olahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah mengusung tema besar dalam Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 38 tahun 2021. Untuk itu, KONI Banjarnegara siap mendukung dalam program besar prestasi olahraga yang sudah dituangkan dalam Peraturan Presiden No 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasioal.


Banjarnegara, serayunews.com

Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju (DBON) ini disampaikan Menpora RI Zainudin Amali dalam puncak peringatan Haornas secara virtual pada, Kamis (9/9/2021).

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali mengatakan, pemilihan DBON sebagai tema Haornas ke-38 sudah melalui kajian dan penelitian yang cukup panjang. Sebab, sebuah prestasi ini tidak lahir secara instan, tetapi butuh proses panjang yang dimulai dari hulu hingga hilir.

Tidak hanya itu, presiden juga menyampaikan jika bangsa ini memiliki talenta-talenta muda yang siap untuk meraih prestasi demi martabat bangsa, termasuk dengan menempatkan olahraga sebagai bagian penting dalam penerapan SDM yang tangguh dan berkarakter.

Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong mengatakan, obor semangat DBON telah dinyalakan oleh presiden pada puncak acara peringatan Haornas. Sebagai induk organisasi olahraga di daerah, sudah selayaknya menyiapkan dan menyusun program yang selaras hingga tingkat pusat.

“Kita juga harus mengubah paradigma olahraga sebagai sebuah peringatan, tetapi menjadikan pembinaan olahraga sebagai investasi. Kita juga akan mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh pusat untuk menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk ikut mendorong industri di bidang olahraga,” ujarnya.

Dikatakannya, lahirnya Perpres No 86 tahun 2021 ini menjadi pijakan hukum bagi KONI di daerah sebagai tanda lahirnya harapan baru untuk prestasi olahraga secara umum.

“Secara bertahap, Banjarnegara juga sudah menyiapkan pembinaan atlet usia muda, termasuk dengan menambah fasilitas sarana dan prasarana bagi atlet muda. Harapannya, Banjarnegara ke depan tidak hanya menyumbangkan atlet untuk Jawa Tengah, tetapi juga untuk bangsa Indonesia di kancah internasional,” ujarnya.

Masuknya atlet Banjarnegara di tingkat internasional ini bukan isapan jempol semata. Sebab, Banjarnegara juga sudah pernah melahirkan atlet internasional seperti Lutfan Budi Santosa, Fitroh Ramdani, Triana Ragil pada cabang pencak silat, Khadik Juntasi pada cabang atletik, serta masih banyak lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini