Kamis, 7 Juli 2022

Semburan Lumpur di Sawah Gegerkan Warga Kroya

Cilacap, serayunews.com – Areal persawahan di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya mendadak dipadati warga pada Sabtu (13/7/2019) sore. Mereka penasaran dengan semburan lumpur setinggi lebih dari delapan meter, di sawah milik satu warga. Dari sejumlah foto dan rekaman video yang kemudian diunggah ke berbagai media sosial, membuat fenomena itu semakin viral.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, semburan lumpur yang diduga bercampur gas itu ditemukan di areal sawah milik Ratna di RT 39 RW 04 dusn Gumarang Desa Sikampuh. Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Kroya, Subianto menjelaskan, saat itu Ratna membawa beberapa orang untuk mengebor sawah untuk membuat sumur bor guna mengairi sawah akibat kekeringan. Pengeboran dimulai hingga mencapai 26 meter, dengan pipa paralon yang masuk kedalam tanah kurang lebih mencapai 20 meter.

Baca juga  Fajar/Rian ke Final Usai Gebuk Ganda Putra Malaysia

Sekitar pukul 17.00 WIB, bor terasa bergetar dan terdengar suara gemuruh dari dalam tanah. Beberapa saat kemudian, muncul semburan air disertai lumpur dengan pola frekuensi hingga 8 meter.

“Kondisi tersebut seketika membuat para pekerja panik dan menghentikan aktivitasnya,” ungkapnya.

Semburan, kata dia, berhenti pukul 20.00 WIB. Keesokan harinya, pihaknya langsung melakukan pengecekan. Saa itu kondisinya sudah tidak mengeluarkan semburan, namun suara gemuruh masih ada. pihaknya telah melaporkan kepada Bupati Cilacap dan akan berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap.

“Kalau berdasarkan laporan kepala desa di sawah tersebut tidak ada riwayat yang seperti itu. Ini baru saja mau dibikin sumur bor, sebelumnya belum pernah dibikin sumur bor. Masyarakat dihimpbau agar tetap tenang, dan untuk sementara kegiatan pengeboran di titik lokasi tersebut dihentikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini