Kamis, 6 Oktober 2022

Sentra Oleh-oleh Khas Banjarnegara Mulai Diserbu Pembeli

Gerai UMKM Banjarnegara sebagai sentra oleh-oleh khas Banjarnegara. Foto. Maula

Meski baru soft launching, Gerai UMKM Banjarnegara yang merupakan pusat oleh-oleh khas Banjarnegara mulai diserbu pembeli. Ramainya pengunjung, seiring dengan mulai dibukanya sejumlah objek wisata di Banjarnegara.


Banjarnegara, Serayunews.com

Gerai UMKM yang berada di kompleks Kuliner Banjarnegara ini, banyak diburu wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Banjarnegara, mulai dari carica, olahan salak, jenang, kopi, kerajinan tangan, serta aneka makanan ringan khas Banjarnegara lainnya.

“Selama ini, Banjarnegara memang belum memiliki sentra oleh-oleh khas, dan kami bersama UMKM Banjarnegara membuka gerai UMKM sebagai sarana untuk memasarkan produk UMKM Banjarnegara,” kata pengelola Gerai UMKM Banjarnegara, Akhmad Fajar.

Menurutnya, produk UMKM yang ada di Gerai ini merupakan produk asli Banjarnegara, setelah sebelumnya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banjarnegara memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap UMKM. Tidak hanya sarana untuk memajang produk, di Gerai UMKM ini juga terdapat ruang konsultasi bisnis gratis bagi pelaku usaha yang ada di Banjarnegara.

Adanya tempat khusus untuk memajang produk UMKM ini tentu akan mempermudah calon pembeli mendapatkan oleh-oleh atau produk khas Banjarnegara.

“Selama ini banyak wisatawan yang masih bingung mencari sentra oleh-oleh Banjarnegara, dan Gerai UMKM ini hadir untuk mengakomodir semua pelaku UMKM di Banjarnegara untuk memasarkan produknya,” katanya.

Tidak hanya itu, sejak soft launching pertengahan Januari ini, sejumlah rombongan wisatawan mulai membanjiri Gerai UMKM. Hal ini juga berimbas positif pada pedagang yang ada di Pusat Kuliner Banjarnegara. Sebab selain berburu oleh-oleh khas Banjarnegara, para wisatawan juga bisa menikmati aneka kuliner Banjarnegara.

“Kita saling bersinergi, sehingga perekonomian di Banjarnegara segera kembali normal setelah pandemi Covid 19,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini