Minggu, 5 Februari 2023

Seorang Kakek Hilang Terseret Arus Sungai Bogowonto Purworejo

 

Tim SAR Gabungan saat pencarian korban tenggelam di Sungai Bogowonto Purworejo, Jumat (9/12/2022). (dok Basarnas Cilacap).

Seorang kakek asal Desa Tanggung Sidomulyo tenggelam di Sungai Bogowonto Sidomulyo Purworejo, Kamis sore (8/12/2022). Korban terseret arus dan tenggelam saat sedang berenang di sungai tersebut.


Purworejo, serayunews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap Adah Sudarsa memberi penjelasannya. Dia mengatakan, setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung memberangkatkan satu tim rescue ke lokasi kejadian.

Berdasarkan laporan yang dia terima dari Lurah Sidomulyo, bahwa saat itu sekitar pada pukul 16.30 WIB, korban berenang di Sungai Bogowonto. Namun nahas, korban terseret arus sungai dan hanya ditemukan sendal dan celana korban di sekitar lokasi kejadian.

“Korban yang sedang dalam pencarian bernama Darusman (61), berjenis kelamin laki-laki asal Desa Tanggung Sidomulyo RT01 RW 05 Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo,” ujar Adah, Jumat (9/12/2022).

Adapun alut dalam pencarian antara lain 1 Unit Rescue Car Type II, 1 Set Rubber Boat, Rescue Net, 1 Set Aquaeye, 1 Set Underwater Searching Device, 4 Set Alkom lengkap, APD Covid-19, dan Alduk SAR Air lengkap.

Upaya Tim SAR Gabungan pada hari pertama yaitu melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian. Namun pencarian berhenti sementara pada Kamis (08/12) Pukul 01.00 WIB.

Kemudian pencarian berlanjut pada hari Jumat (09/12) pukul 07.00 WIB. Rencana operasi terbagi menjadi 2 search rescue unit (SRU). SRU 1 melakukan penyisiran darat di tepian Sungai dari lokasi kejadian menuju arah hilir sejauh 1 Kilometer.

“Dan SRU 2 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan 2 rubber boat dan 1 perahu rafting dari lokasi kejadian menuju ke arah hilir sejauh 2 Kilometer,” ujarnya.

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini