Kamis, 6 Oktober 2022

Sepuluh Pelanggan Premium PLN Dijamin Anti Padam Listrik

 

Cilacap, Serayunews.com- Sudah ada sebanyak sepuluh perusahaan yang ada di Cilacap menjadi pelanggan premium. PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan, Pelanggan (UP3) Cilacap. Mereka yang menjadi pelanggan premium ini, dipasrikan anti padam listrik.

Hal ini diungkapkan oleh General Manager PLN Unit Distribusi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta Feby Joko Priyatno pada penyerahan Sertifikat Pelanggan Premium di aula Kantor PLN UP3 Cilacap, Senin (9/3) sore.

“Menjadi pelanggan prioritas ini banyak keunggulannya, diantaranya adalah anti padam, karena dilayani dua sumber berbeda,” katanya.

Pelanggan premium yang mendapatkan sertifikat diantaranya Perumdam Tirta Wijaya Cilacap, Lembaga Permasyarakatan Khusus Karanganyar, Fave Hotel Cilacap, Hotel Dafam Cilacap dan CV Lisna Jaya Cilacap. Selain itu juga pelanggan premium lainnya, PT Pertamina RU IV Cilacap, Proyek Air Minum Pipa PDAM Kesugihan, CV Laksana Baru 1 (bioskop), dan 3 (swalayan), SPBU Cilopadang.

Fery mengatakan, perusahaan yang menjadi pelanggan premium ini, akan mendapatkan jaminan keandalan pasokan tenaga listrik dibandingkan dengan pelanggan reguler. Jaminan anti padam dengan minimal 2 sumber pasokan, urutan terakhir pengurangan daya sementara jika PLN kritis, urutan terakhir UFR (under frequency relay) atau kemungkinan padam otomatis saat sistem PLN kritis, mendapat pengurangan tagihan jika terjadi pemadaman.

Selain itu juga disiapkan petugas account executive yang siap melayani kebutuhan pelanggan, atau tanpa akses 123 untuk menghubungi PLN.

“Kalaupun nantinya terdapat momentum besar yang menyebabkan ikut padam, maka pihak PLN akan memberikan kompensasi, dan ketika sudah normal, maka pelanggan prioritas akan dinormalkan pertama kali,” katanya.

Saat ini di Jawa Tengah dan DIY sudah ada 47 pelanggan dengan total daya sebesar 227,3 MVA. Pelanggan mulai dari pemerintahan, PDAM, Rumah Sakit swasta, RSUD, hotel, mall, refinery, toko swalayan, perguruan tinggi, swalayan, maupun pemerintah daerah sudah memanfaatkan layanan prioritas.

Layanan prioritas yang disiapkan mulai Premium silver, premium bronze, premium gold dan juga premium platinum. Pihaknya mendorong seluruh pelanggan, baik instansi pemerintah maupun swasta menjadi pelanggan premium.

Karena dengan semakin banyaknya pelanggan premium, bisa turut membantu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan sektor perekonomian. Serta bisa ikut meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sumber pajak penerangan jalan.

Manager UP3 Cilacap Ahmad Mustaqir mengatakan ada 10 pelanggan premium di Cilacap. Dengan pelayanan prioritas ini untuk memberikan keandalan listrik kepada pelanggan serta memberikan kemudahan komunikasi.

“Komitmen kami melayani dengan pelayanan terbaik dan keandalan, serta memberikan pelayanan kemudahan komunikasi kepada pelanggan premium,” katanya.

Selain 10 pelanggan yang sudah menjadi pelangga premium, ada sekitar enam calon perusahaan pelanggan prioritas, diantaranya RSU Purbowangi Gombong, Hotel Maxolie Kebumen, Chuby Nyam-Nyam atau tempat pemotongan ayam di Kebumen, BPR Gunung Slamet kantor Cilacap, dan PT Perta Global atau Dakota Cilacap.

Kasubag TU Lapas Karangananyar Nusakambangan Ari Adi Kurniawan menyampaikan pihaknya menjadi pelanggan premium karena di Lapas Khusus High Risk ini menggunakan peralatan canggih untuk pengamanan warga binaan.

Sehingga dengan layanan premium, agar tidak ada gangguan pada pasokan listrik. Jikapun ada gangguan, maka segera ditangani.

“Di Lapas Karanganyar berisi wrga binaan kasus terorisme dan juga pidana umum yang high risk, untuk keamanannya ada sebanyak 1.455 CCTV, karena satu kamar diisi satu warga binaan, atau one man one cell, dan lapas ini menggunakan peralatan canggih yang membutuhkan kehandalan listrik,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini