Jumat, 2 Desember 2022

Seribu Burung Berkicau Beradu di Lindu Aji Cup 1 Banjarnegara Rebutkan Jutaan Rupiah

Kemeriahan lomba burung berkicau di Serulingmas Zoo Banjarnegara, Minggu (20/11/2022). Selain penyaluran hoby bagi pencinta burung, kegiatan ini juga ikut meningkatkan ekonomi serta promosi wisata di Banjarnegara. (Foto: Maula/serayunews)

Lebih dari 400 penggemar burung berkicau dari berbagai kabupaten mengikuti festival lomba burung berkicau Lindu Aji Cup I Banjarnegara. Ajang berlangsung di Kompleks TRMS Serulingmas Zoo Banjarnegara, Minggu (20/11/2022).


Banjarnegara, Serayunews.com

Teriakan-teriakan penonton ikut mengiringi saat perlombaan berlangsung. Ini dilakukan peserta agar burung yang diadu, bisa tampil atraktif tetap berkicau.

“Untuk gantangan (gantungan burung) ini hampir 1.000, jumlah ini masih bertambah karena masih ada peserta yang membeli kupon. Sementara untuk pesertanya sampai 400an orang,” kata ketua panitia lomba M. Arif Bruri Widodo.

Menurutnya, festival dan lomba burung berkicau ini diharapkan ikut mewadahi para penggemar burung berkicau serta ikut membantu menggerakkan perekonomian masyarakat. Sehingga berpotensi dapat terus dikembangkan jika nantinya banyak masyarakat yang tertarik.

Dia mengatakan, dalam lomba ini tidak hanya diikuti oleh pencinta burung berkicau dari Banjarnegara saja, tetapi juga ada dari kabupaten lain seperti, Purbalingga, Wonosobo, Purwokerto, Cilacap, Purworejo, bahkan ada peserta dari Jogja dan Klaten.

“Ini baru pertama kali Lindu Aji Banjarnegara menggelar lomba dan festival burung berkicau, rencananya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin tahunan sesuai dengan permintaan dari peserta yang ikut lomba,” ujarnya.

Dalam lomba ini, peserta panitia penyediaan total hadiah jutaan rupiah dengan beberapa kelas lomba. Tak hanya itu panitia juga menyediakan puluhan hadiah hiburan yang diundi berdasarkan nomor peserta.

Dalam kegiatan ini kata dia, burung yang dilombakan antara lain,  murai, kacer, kenari, lovebird, serta burung kicau lainnya.

“Selain untuk penyaluran hoby, kegiatan ini juga ikut meningkatkan sektor pariwisata, perekonomian khususnya pedagang kecil yang ada di kompleks Serulingmas Zoo,” ujarnya.

Tak hanya pengunjung yang menyaksikan, para peserta yang datang dari berbagai daerah ini secara tidak langsung sama dengan mempromosikan objek wisata kebun binatang yang ada di Banjarnegara.

Editor :kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini