Setelah 4 Jam Berjibaku, Kebakaran Pabrik Kayu di Ajibarang Banyumas Berhasil Dipadamkan

Setelah 4 Jam Berjibaku, Kebakaran Pabrik Kayu di Ajibarang Banyumas Berhasil Dipadamkan

Shandi YanuarJurnalis:Shandi Yanuar
Bagikan:
Petugas pemadam memadamkan kebakaran pabrik kayu di Ajibarang, Kamis (11/8/2022). (Dok Damkar Banyumas)

Setelah 4 jam berjibaku, petugas pemadam Kebakaran (Damkar Banyumas) akhirnya berhasil menjinakkan api yang membakar pabrik kayu milik PT Albasia Cipta Sejahtera di Desa Lesmana, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Kamis (11/8/2022).


Banyumas, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Kabupaten Banyumas, M Fadly Ahsani menjelaskan, kebakaran diketahui terjadi pada Rabu (10/8/2022) sekitar pukul 22.40 WIB.

Bermula saat pabrik sedang produksi, petugas mendapati adanya percikan api dari dalam ruang cerobong asap.

“Security yang mengecek cerobong asap melihat, ada serbuk kayu di dalam cerobong sudah terbakar. Sehingga langsung menghubungi Pos Damkar Wangon,” kata dia.

Setelah mendapati informasi tersebut, petugas langsung menuju ke lokasi kejadian dengan menurunkan regu satu Pos Damkar Wangon dan regu 3 Damkar Induk.

“Kami baru bisa memadamkan api sekitar pukul 02.20 WIB. Diduga kebakaran bersumber dari munculnya percikan api dari mesin pabrik di dalam ruangan cerobong asap,” ujarnya.

Ternyata pabrik tersebut, sudah beberapa kali mengalami kebakaran akibat sumber yang sama. Petugas berharap, pihak perusahaan segera menindaklanjuti agar kebakaran tidak terulang kembali.

“Kami sudah memberikan edukasi, tetapi tetap begitu saja,” kata dia.(san)


© 2016 Serayu News