Selasa, 29 November 2022

Percepat Pelaporan Kinerja dengan Inovasi Simpel Pol PP, Begini Penjelasannya

Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap (Ulul Azmie)

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo PP) Kabupaten Cilacap luncurkan inovasi Sistem Kinerja Informasi Satpol PP (Simpel Pol PP). Inovasi berbasis IT ini akan menggantikan sistem pelaporan hasil kinerja manual yang dinilai kerap terlambat dalam pelaporannya.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Satpol PP Cilacap Yuliaman Sutrisno menyampaikan, bahwa pihaknya mengakui adanya keterlambatan dalam pelaporan hasil kinerja karena sebelumnya masih menggunakan sistem pelaporan manual. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini pelaporan menggunakan basis IT dengan aplikasi Simpel Pol PP.

“Simpel Pol PP membantu mempercepat pelaporan hasil kinerja di lapangan, sehingga akan mempercepat dilalukan evaluasi kegiatan, sistem administrasi akan lebih akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan, dan tertib,” ujar Yuliaman didampingi Kasubag Perencanaan Satpol PP Waluyo.

Menurutnya, Simpel Pol PP ini memiliki keunggulan dari sistem manual  seperti kecepatan pengimputan data pelaporan kinerja, memiliki keakurasian dan ketepatan waktu, serta  dapat digunakan secara real time karena telah disupport dengan basis online atau dalam jaringan internet.

“Kita sudah tinggalkan sistem yang manual, sekarang lebih efektif dan jika dibutuhkan data kinerja pelaporan dapat dilihat kapanpun. Ini  juga memudahkan stakeholder dalam mendapatkan informasi maupun data seperti hasil penegakkan Perda maupun dari kinerja pemadaman kebakaran oleh Damkar Cilacap,” katanya.

Ia menambahkan, saat menggunakan sistem manual banyak keterlambatan laporan dari bidang-bidang, sehingga mengecewakan stakeholder yang membutuhkan data laporkan kinerja seperti Bappeda dan Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah.

“Ini berdampak pada kurangnya kepercayaan OPD lain kepada Satpol PP, Misal deadline pelaporan tri wulan pertama yang seharusnya dilakukan maksimal 5 April, bisa molor hingga tanggal 25,” ujarnya.

Sehingga dengan hadirnya Simple Pol PP dapat menjadikan layanan maupun pelaporan kinerja khususnya di jajaran Satpol PP maupun Damkar Cilacap dapat semakin berkualitas dan lebih cepat.

Baca juga Pengin Soto? Ini Dia Empat Soto Legendaris di Banyumas

Editor :M Amron

Berita Terpopuler

Berita Terkini