Minggu, 27 November 2022

Singgahi Kedai Pojok Purbalingga, Nikmati Gurih Berempahnya Ayam Betutu Tanpa Harus ke Bali

Kedai Pojok Purbalingga menawarkan menu Ayam Betutu, kuliner khas Bali yang banyak diminati. (amin wahyudi)

Pulau Bali menjadi surga bagi para pelancong. Objek wisatanya sudah sangat akrab dikenal di dunia. Selain keindahan alam, ada salah satu kuliner yang juga cukup dikenal luas, yaitu Ayam Betutu.

Untuk merasakan nikmatnya kuliner khas Pulau Dewata ini, Anda tidak harus pergi jauh ke Bali. Di Purbalingga ada tempat makan yang menawarkan menu Ayam Betutu, di Kedai Pojok.

Lokasinya mudah dijangkau karena berada di wilayah kota, tepatnya di Kawasan Taman Usman Janatin.

“Di Purbalingga sepertinya hanya kami yang memiliki menu andalan Ayam Betutu Khas Bali. Kami menyediakan pilihan, mau ayam kampung atau ayam negeri,” kata Setia Wijiastuti, owner Kedai Pojok.

Betutu sendiri berasal dari kata ‘tunu’ yang memiliki arti bakar dan dirangkai dengan kata ‘be’ yang artinya bakar. Jadi Ayam Betutu, bisa diartikan daging ayam dibakar.

Hidangan Ayam Betutu, dibuat dari daging ayam yang telah dibersihkan dan dibalurkan bumbu khas Bali yang dikenal dengan base genep di seluruh permukaannya. Sebagian bumbu, juga dimasukkan ke dalam dagingnya.

“Resep dan cara pengolahan kita, sama persis seperti di Bali. Satu Porsi Ayam Betutu bisa dinikmati dengan hanya Rp 20 ribu,” kata dia.

Menu Ayam Lainnya

Selain Ayam Betutu, Kedai Pojok juga menawarkan Ayam Bakar Taliwang, Ayam Goreng dan aneka menu lainnya. Kemudian untuk minuman ada bermacam jus, teh, susu, dan kopi.

“Kami menggunakan kopi lokal dari Purbalingga,” ujarnya.

Untuk menambah nikmatnya Ayam Betutu, sudut di kedai ini dibuat dengan nuansa Bali seperti adanya pohon bunga kamboja yang batangnya dibalut sarung kotak putih dan hitam.

“Kami mencoba menghadirkan sedikit nuansa Bali-nya,” ujarnya.

Minuman favorit di tempat ini ada Kopi Susu Pojok dan Sukoco, alias Susu Kopi Coklat. Selain itu, ada juga wedang rempah dan jahe susu.

Selain tempat makan, Kedai Pojok juga menjadi oase bagi berbagai komunitas di Purbalingga. Di antaranya komunitas stand up comedy, fans club bola, seniman, youtuber, sampai para gamers juga sering nongkrong di kedai pojok.

Mau menikmati sajian spesial ala Pulau Dewata Bali plus nongkrong asyik, Kedai Pojok wajib masuk pilihan.

Berita Terpopuler

Berita Terkini