Rabu, 19 Januari 2022

Singkong Gulung Mendoan Banyumas Juarai Lomba Kuliner Nasional HUT PDIP ke-49

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono bersama Ny, Eni Sadewo saat menghadiri festival kuliner HUT PDIP ke-49 di Jakarta.(Foto : Dok Ny. Eni Sadewo)

Racikan resep dari para ibu asal Banyumas, yaitu singkong gulung mendoan berhasil menjuarai lomba kuliner dalam rangkaian acara HUT PDIP ke-49 di Jakarta. Apa itu singkong gulung mendoan? Berikut resepnya.


Purwokerto, Serayunews.com

Prestasi para ibu Banyumas ini disampaikan oleh Ibu Wakil Bupati, Eni Sadewo yang turut mendampingi Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono menghadiri festival kuliner tersebut. Menurutnya, persiapan dari tim Banyumas adalah menyiapkan resep baru yang berciri khas kuliner Banyumas dan masih sesuai dengan kriteria yang dilombakan.

Baca juga  Binda Jateng Siapkan 1.200 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Anak Sekolah Dasar di Somagede

“Kita siapkan masakan berbahan baku sorghum yang dibikin nasi liwet, kemudian porang yang dibuat hidangan serabi porang, lalu pisang dimasak talam cimplung pisang, serta singkong gulung mendoan dan soto singkong”, kata Eni, Rabu (12/1/2022).

Dengan lima jenis hidangan yang dimasak tersebut, tim kuliner Banyumas berhasil meraih juara 1 pada kategori makanan pembuka (appetizer) melalui kreasi kuliner khas Banyumas yaitu singkong gulung mendoan. Selain itu, kreasi sup soto singkong juga berhasil meraih juara 3 untuk kategori hidangan sup.

Keberhasilan tim Banyumas mengukir prestasi pada ajang HUT-49 PDI Perjuangan yang berlangsung tanggal 7-8 Januari 2022 ini sekaligus mempromosikan makanan khas Banyumas ke kancah nasional. Agenda tahunan yang bertajuk Festival Kuliner Pendamping Beras Kompetisi Kreatif Kuliner Pendamping Beras ini diikuti oleh 60 propinsi di seluruh Indonesia dengan mengirimkan perwakilannya dari beberapa kabupaten.

Baca juga  Maning! Berkali-kali Anak Punk Kena Razia di Purbalingga, Rata-rata di Bawah Umur

Lebih lanjut Eni Sadewo menjelaskan, kategori kuliner yang dilombakan adalah harus berbahan jagung, singkong, sagu, hanjeli, sukun, porang, sorghum, pisang, talas, dan umbiumbian. Olahan dari bahan-bahan tersebut juga terbagi lagi menjadi beberapa kategori yaitu makanan pembuka (appetizer), makanan utama (main course), makanan penutup (dessert), judapan (snack), serta kreasi sop.

Pada ajang tersebut, Propinsi Jawa Tengah mengirimkan perwakilan dari Kabupaten Banyumas, Grobogan, Jepara, Klaten, dan Pekalongan. Banyumas sendiri mengirimkan satu tim yang beranggotakan 5 orang, yaitu Ny. Erna Achmad Husein, Ny. Upy Yunianto, Ny. Surti Taryono, Ny. Eko dan Mas Iman Ansori. Untuk koordinatornya adalah Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny. Erna Achmad Husein.

Baca juga  Dugaan Bocah 9 Tahun Dibunuh, Polres Banjarnegara Beberkan Perkembangannya

Singkong gulung mendoan yang meraih juara pertama merupakan perpaduan hidangan daun singkong, tempe mendoan dan gurameh. Pertama daging gurameh dicincang dan dimasak dengan bumbu pedas, kemudian untuk singkong diparut. Cara menatanya bagian terluar adalah daun singkong, kemudian dilapisi dengan tempe mendoan, parutan singkong serta gurameh cincang. Setelah itu digulung dan dikukus.

“Prestasi ini menunjukan bahwa kuliner Banyumas juga mampu bersaing di tingkat nasional, sehingga ke depan saya berharap prestasi ini bisa memicu para pegiat kuliner di Banyumas untuk lebih meningkatkan kreativitasnya,” tutur Eni Sadewo.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini