Sabtu, 29 Januari 2022

SMAN 1 Batur Dapat Pelatihan Bencana Gunung Berapi

Pelatihan Bencana Gunung Berapi SMAN 1 Batur. (Maula)

Sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan, BPBD bersama dengan Satpol PP Banjarnegara dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gelologi (PVMBG) Pos Dieng menggelar pelatihan sosialisasi dan pelatihan tanggap bencana bagi kalangan siswa terkait tanggap bencana.


Banjarnegara, Serayunews.com

Pelatihan siaga bencana di kawasan dataran tinggi Dieng sengaja dilakukan, mengingat daerah tersebut memiliki beberapa potensi bencana alam. Sehingga, sosialisasi dan pelatihan tanggap bencana sangat diperlukan.

Kalakhar BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kebencanaan dan simulasi. Dengan pelatihan ini, diharapkan para siswa SMAN 1 Batur ini memiliki pengetahuan yang benar tentang kebencanaan dan bagaimana menanganinya.

Baca juga  Ini Hasil Penyelidikan Polisi Soal Kecelakaan Maut di Maos Cilacap, Bagaimana Nasib Sopir Mobil Tangki?

“Nantinya mereka menjadi agen kemanusiaan, sehingga saat ada bencana, para siswa ini diharapkan mampu dan paham akan apa yang harus dilakukan serta menginformasikan kepada keluarga dan masyarakat,” katanya.

Selain itu, mereka juga mendapatkan materi tentang potensi bencana kegujung apian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Gunung Dieng. Sebab gunung Dieng masih memiliki potensi akan keluarnya gas beracun seperti tragedi Sinila tahun 1979, dan kawah timbang pada tahun 2011 dan 2013.

“Setidaknya, jika ada bencana serupa, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana tindakannya. Kita juga melakukan simulasi penanganan bencana,” ujarnya.

Baca juga  Vaksinasi Anak Dosis Pertama di Purbalingga Ditargetkan Rampung 15 Januari 2022

Tidak hanya itu, para siswa juga dibekali tentang penanggulangan bencana mulai dari pra bencana, saat dan pasca bencana.

Berita Terkait

Berita Terkini