Kapolda Jateng : Parpol dan Cagub Harus Patuhi Peraturan

Ikrar Damai Pilkada Jateng

272

CILACAP,SERAYUNEWS.COM – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono berpesan kepada para partai politik pengusung calon gubernur dan wakil gubernur Jateng, agar mematuhi peraturan Pilkada. Baik dari setiap tahapan termasuk saat tahap kampanye, tahap pemungutan suara, dan penghitungan suara serta mewaspadai tindakan politik uang. Hal tersebut disampaikan usai memimpin apel ikrar netralitas TNI-Polri di alun-alun Cilacap, Jumat (23/2). Ikrar dilaksanakan dalam rangka menciptakan pelaksanaan pilkada yang damai, aman, dan sukses.

“Apel dilaksanakan sebagai tindak lanjut komitmen netralitas pimpinan TNI dan Polri di Jawa Tengah,” jelasnya.

Pada kegiatan itu, dilakukan kesepakatan atau deklarasi damai oleh semua parpol terkait Pilgub Jawa Tengah. Ikrar diikuti 1.500 peserta yang terdiri atas TNI-Polri, perwakilan partai Politik, serta ormas yang ada di Kabupaten Cilacap. Semua menyatakan tekadnya untuk melaksanakan pilkada yang damai, edukatif, dan saling menghargai hak sesama partai politik peserta pemilu.

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng memberikan penekananan kepada seluruh anggota TNI-Polri agar netral dalam pilkada Jawa Tengah tahun 2018. Fokus TNI-Polri adalah pengamanan Pilgub agar terlaksana dengan luber, jurdil, dan berintegritas. Terkait tahapan Pilgub menurutnya saat ini dalam masa kampanye selama 129 hari sejak 15 Februari-23 Juni 2018. Juga ditegaskan bahwa untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang muncul, telah dibentuk beberapa Satgas.

“Termasuk adalah Satgas Anti Money Politics, Satgas Anti Kampanye Hitam, dan penguatan saat terjadi konflik,” ungkapnya.

Komentar