Jumat, 21 Januari 2022

Soal Gerai UMKM, Ini kata Ketua KADIN Banjarnegara

Gerai UMKM. (Maula)

Masalah pemasaran menjadi satu kendala bagi para pelaku usaha kecil yang ada di Banjarnegara. Untuk itu Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Banjarnegara melakukan terobosan baru dengan membuka gerai UMKM di pusat kota.


Banjarnegara, Serayunews.com

Ketua Kadin Banjarnegara Akhmad Fajar mengatakan, keberadaan gerai UMKM ini untuk memberikan ruang bagi pelaku usaha kecil di Banjarnegara dalam mengembangkan usahanya, termasuk memberikan ruang dalam memasarkan produk hingga ke luar daerah.

“Gerai ini sebagai sarana promosi sekaligus penjualan produk, sebab tidak hanya di gerai, kita juga menjalin kerjasama dengan pihak luar kota agar produk UMKM Banjarnegara bisa masuk ke wilayah lain, termasuk luar negeri,” katanya.

Baca juga  Lebih dari 4000 Botol Miras Dimusnahkan di Purbalingga

Menurutnya, hadirnya gerai ini berawal dari banyaknya para pelaku usaha kecil yang ingin berdagang menjual produknya tanpa harus memikirkan modal untuk menyewa kios. Gerai ini selain untuk display produk juga sebagai bisnis centre bagi pelaku usaha kecil.

“Kita tidak hanya menjual di gerai, tetapi juga ‘nge-link’ di pusat oleh-oleh luar kota dan menjual produk secara online,” katanya.

Meski begitu, ada beberapa persyaratan bagi pelaku UMKM yang ingin memajang produknya di gerai ini, termasuk harus sudah memiliki izin minimal PIRT. Namun jika belum memiliki, KADIN juga siap membantu dengan melakukan pendampingan bagi pelaku usaha hingga mendapatkan izin tersebut, termasuk melakukan pelatihan desain produk dan kemasan.

Baca juga  Peringatan Hari Ibu, GOW Banjarnegara Bagikan Paket Sembako

“Saat ini, sejumlah produk sudah mulai dipajang, sementara untuk grand launching akan kita lakukan bertepatan pada hari jadi Banjarnegara, 26 Februari mendatang,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini