Rabu, 5 Oktober 2022

Soal Rekruitmen Pegawai Kontrak, BKD Banjarnegara Masih Tunggu Kepastian dari Pusat

Esti Widodo, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Banjarnegara. (Maula Asadillah)

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui badan Kepegawaian daerah (BKD) Banjarnegara, masih menunggu kepastian serta perunjuk pelaksana dari pemerintah pusat terkait pengadaan dan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun anggaran 2022.


Banjarnegara, serayunews.com

Kepala BKD Banjarnegara, Esti Widodo mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi kejelasan kuota untuk Banjarnegara maupun juklak terkait jadwal seleksi rekrutmen PPPK di Banjarnegara.

“Kita belum tahu, apakah ada atau tidak karena masih menunggu juklak dan lainnya dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB),” ujarnya.

Menurutnya, Banjarnegara memang sangat membutuhkan rekrutmen pegawai. Apalagi saat ini, sebagoan besar OPD masih kekurangan personel. Adanya keterbatasan ini membuat sejumlah OPD kewalahan.

“Kita berharap ada kejelasan, sehingga bisa kami umumkan. Tapi sampai saat ini kami belum berani berbicara lebih banyak, sebab belum ada juklak dari pusat,” ujarnya.

Terkait jumlah pegawai di Banjarnegara, dia mengatakan, saat ini ASN di Banjarnegara tercatat 7.220 orang ditambah dengan tenaga PPPK formasi 2021 sebanyak 901, PPPK formasi 2020 sebanyak 450 orang.

Jumlah tersebut, tentu masih jauh dari ideal bagi pemerintahan di Banjarnegara yang setidaknya membutuhkan sekitar 12 ribu pegawai.

“Jumlah tersebut belum menghitung angka pensiun setiap tahun, dan kami selalu mengusulkan formasi pada pemerintah pusat setiap tahun. Namun pemerintah pusat tidak mengakomodir semua usulan. Kami juga berharap tahun ini Banjarnegara kembali mendapatkan tambahan formasi, baik ASN maupun PPPK,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini