Minggu, 28 November 2021

SSB Bermuda, Rintisan Akademi Sepak Bola di Banyumas

Siswa SSB Bermuda usai latihan berfoto bersama. (Dok istimewa)

Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang banyak digemari kalangan anak-anak muda. Karenanya, digagas adanya akademi sepak bola di Banyumas dan sebagai cikal bakal akademi tersebut, saat ini sudah terbentuk Sekolah Sepak Bola (SSB) Bermuda.


Banyumas, serayunews.com

SSB Bermuda yang berlokasi di Desa Cikembulan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas menjadi rintisan untuk menuju terbentuknya akademi sepak bola. Saat ini SSB Bermuda memiliki siswa didik sebanyak 45 anak yang terbagi dalam tiga kelompok umur. Yaitu usia 9-10 tahun, usia 12-14 tahun dan usia 15-16 tahun.

“Anak-anak di Banyumas ternyata sangat antusias mengikuti pelatihan sepak bola, baru sekitar sebulan berjalan, kita sudah memiliki 45 siswa,” kata Ketua SSB Bermuda, Arif Harijanto, Rabu (10/11).

Para siswa SSB Bermuda ini rutin menjalani latihan tiga kali dalam satu minggu, yaitu pada hari Selasa dan Kamis sore serta pada hari Minggu pagi. Semua latihan dilakukan di luar jam sekolah, mengingat semua siswa masih dalam usia sekolah.

Arif menjelaskan, selain bertujuan untuk menjaring dan melatih pemain sepak bola sedini mungkin, keberadaan SSB Bermuda juga dimaksudkan untuk mengalihkan anak-anak yang banyak bermain handphone semasa pandemi ini dan menggantinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat serta sehat.

“Tujuan untuk mengukir prestasi pasti itu, tetapi sebenarnya awalnya kita dilandasi keinginan menawarkan kegiatan yang bisa mengalihkan anak dari gadget, karena selama setahun lebih ini, anak-anak kita cenderung sibuk dengan HP, pun setelah tugas-tugas sekolah selesai, mereka masih tetap asyik dengan HP dan hal ini membuat interaksi sosial mereka menurun,” tuturnya.

SSB Bermuda dipersiapkan dengan sangat matang, sekolah ini juga menyediakan tiga orang pelatih sepak bola yang sudah mengantongi lisensi D yang merupakan pelatih dasar dalam standar kursus kepelatihan Asian Football Confederation (AFC).

Terkait pembiayaan, Arif menuturkan, saat ini masih ditopang oleh para donatur yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan sepak bola di Banyumas. Kelengkapan latihan, semua diambilkan dari sumbangan para donatur, termasuk untuk honor pelatih.

“Anak-anak hanya membayar Rp 5.000 setiap kali latihan saja, untuk semua kebutuhan latihan kita yang menyediakan,” ucapnya.

Saat ini ada dua sekolah sepak bola yang dipersiapkan sebagai rintisan akademi sepak bola di Banyumas, yaitu SSB Bermuda dan satunya sekolah sepak bola di Kecamatan Ajibarang. Sebagian besar siswa berasal dari anak-anak Banyumas wilayah barat. Nantinya akademi sepak bola akan dibuka di Beji, Kecamatan Kedungbanteng, bekerjasama dengan pihak Pondok Pesantren Al Muwahhid.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini