Selasa, 7 Februari 2023

Stok Banyak, Tapi Harga Minyak Goreng di Cilacap Masih Saja Tinggi

Pasca pemerintah mencabut HET minyak goreng dua pekan lalu, harga komoditas yang satu ini masih tinggi di Cilacap. Untuk minyak goreng kemasan premium, rata-rata dijual seharga Rp 24 ribu per liternya.


Cilacap, serayunews.com

Kabid Stabilisasi Harga Dinas Perdagangan Cilacap, Titi Suwarni mengatakan, harga minyak goreng di Cilacap melambung sejak pemerintah mencabut HET pada, 16 Maret lalu. Harga minyak goreng premium di Cilacap, baik di pasar modern maupun tradisional, menyentuh Rp 24 ribu per liter.

“Harga ini naik seribu Rupiah sejak dua pekan lalu, karena saat HET dicabut harganya sekitar Rp 23 ribu per liter,” katanya kepada serayunews.com, Jumat (8/4/2022).

Ia menjelaskan, untuk minyak goreng curah, rata-rata menjual dengan harga Rp 16 ribu per kilogram. Harga tersebut, turun dua ribu Rupiah sejak dua pekan lalu, di mana harga minyak goreng curah sebelumnya mencapai Rp 18 ribu per kilogram.

“Meski harganya melambung, untuk stok sudah banyak tersedia di pasaran. Tidak seperti kemarin yang sempat langka,” tuturnya.

Untuk diketahui, pemerintah memang merombak total kebijakan terkait minyak goreng sawit curah, dari semula berbasis perdagangan menjadi kebijakan berbasis industri.

Hal ini dilakukan, karena kebijakan minyak goreng sawit curah berbasis perdagangan dinilai tidak efektif menjaga pasokan dan harga bagi masyarakat, pelaku usaha mikro, dan usaha kecil.

Berita Terpopuler

Berita Terkini