Sabtu, 10 Desember 2022

STT Migas Cilacap Gelar Wisuda Perdana, Lulusannya Siap Kompetisi di Perusahaan Internasional Sektor Migas

Sidang Senat Terbuka Wisuda ke1 sarjana dan diploma STT Migas Cilacap di Fave Hotel Cilacap, Sabtu (19/11/2022). (Ulul Azmi/ Serayunews).

Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Minyak dan Gas Cilacap menggelar wisuda ke 1 Sarjana dan Diploma Tahun Akademik 2022/2023. Lulusan STT Migas Cilacap siap bekerja dan berkompetisi di perusahaan nasional dan internasional khususnya dalam sektor migas.


Cilacap, serayunews.com

Ketua STT Migas Cilacap Andy Wijaya, S. Si. M. T, mengatakan pada tahun akademik 2022/2023, STT Migas mewisuda sarjana dan diploma yang pertama kalinya dengan meluluskan 31 mahasiswa dari Program Studi S1 Teknik Perminyakan, Program Studi D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta Program Studi D III Teknik Pengolahan Migas.

“Alhamdulillah kita meluluskan 31 wisudawan/wisudawati dengan 20 di antaranya diterima kerja di perusahaan nasional dan internasional. Ini merupakan terobosan dan cita-cita dari Yayasan Pendidikan STT Migas Cilacap, untuk membangun SDM Cilacap yang bermutu dan berkualitas terutama dalam bidang sektor Migas,” ujar Andy usai gelar wisuda di Fave Hotel Cilacap.

Dengan mendukung Kampus Merdeka, lanjut Andy, lulusan STT Migas Cilacap banyak memiliki peluang untuk bekerja atau praktik magang di sekitar 20 industri besar di Cilacap, baik dari sektor migas, PLTU, semen dan lainnya.

Selain itu, menurut Andy dukungan dan kerjasama juga sudah banyak didapatkan STT Migas Cilacap, baik dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap maupun dengan berbagai perusahaan. Sehingga tidak ada kendala dalam praktik langsung  dunia kerja di perusahaan yang ada di Cilacap.

“STT Migas Cilacap memiliki cita-cita agar masyarakat Cilacap dan di wilayah Banyumas Raya untuk bisa meningkatkan sumber daya manusia. Sehingga ke depan tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri, namun kita menawarkan agar masyarakat memiliki bakat dan skill. Sehingga bisa ikut berkompetisi pada perusahaan di Cilacap,” ujarnya.

Prosesi Wisuda ke1 sarjana dan diploma STT Migas Cilacap di Fave Hotel Cilacap, Sabtu (19/11/2022). (Ulul Azmi/ Serayunews).
Akan Bangun Gedung

Ketua Yayasan STT Migas Cilacap H. Sugiyanto, B, Sc menyampaikan, sejak berdirinya STT Migas pada tahun 2017 lalu, akan terus ditingkatkan, baik dari akreditasinya maupun sarana dan prasarana penunjangnya. Dalam waktu akhir tahun ini, akan kembali membangun gedung dua lantai di kampus Jeruklegi.

Selain sarpras dan program studi, STT Migas Cilacap juga membuka program beasiswa, di antaranya beasiswa tahfiz quran, yatim piatu, beasiswa prestasi, dan beasiswa fakir miskin.

“Selain pelayanan kepada mahasiswa dan ide kreatif serta inovasi dari penyelenggaraan pendidikan tinggi menjadi kata kunci untuk terus berkiprah dunia pendidikan tinggi. Saya mengajak kepada seluruh civitas akademik untuk terus bekerja dalam masyarakat dan selanjutnya saya ingatkan hadapilah tantangan dan kemampuan dengan keterampilan menjadikan STT Migas yang semangat bekerja,” ujarnya.

Hadir dalam wisuda sarjana dan diploma STT Migas Cilacap adalah sejumlah pejabat Pemkab Cilacap, sejumlah perwakilan perusahaan dan para orangtua wisudawan/wisudawati. Pada kesempatan itu ada juga penyerahan sejumlah penghargaan kepada mahasiswa dan dosen berprestasi, serta menampilkan pertunjukan seni musik dan tari tradisional.

Salah satu wisudawan terbaik dari Program Studi S1 Teknik Perminyakan dengan cumlaude nilai IPK 3,67 Judho Prabowo mengatakan, bangga kuliah di STT Migas Cilacap.

“Saya sangat bangga kuliah di STT Migas Cilacap, karena ini kelahiran saya di Cilacap, merupakan suatu prestasi bagi saya karena bisa menyelesaikan studi dan juga membawa nama baik Cilacap,” ujarnya.

Pemberian penghargaan wisudawan dan dosen terbaik saat Wisuda ke1 sarjana dan diploma STT Migas Cilacap di Fave Hotel Cilacap, Sabtu (19/11/2022). (Ulul Azmi/ Serayunews).
Kesempatan Berkiprah

Judho akan mengaplikasikan ilmu yang dia dapat selama belajar di STT Migas Cilacap, terlebih program studi perminyakan belum begitu banyak. Apalagi menurutnya di Cilacap ada kilang Pertamina sehingga peluang kerja di sektor migas lebih besar.

“Rencana saya akan berkarier di perusahaan internasional terutama yang spesifik di bidang oli dan gas,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Cilacap Lydia Retnoningsih mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil melewati berbagai ujian dalam menempuh pendidikan hingga mendapat gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu pendidikannya.

“Dengan gelar ini akan banyak memiliki kesempatan berkiprah menatap masa depan yang lebih baik dalam membangun bangsa dan negara. Untuk itu harapannya agar mau dan mampu dengan ilmu yang mereka peroleh di kampus seraya mengembangkannya dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.” katanya.

Terkait informasi, masyarakat bisa mengetahui STT Migas Cilacap di https://www.sttmigascilacap.ac.id/. Selain itu, ada juga di Instagram yakni sttmigascilacap.

Editor :kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini