Jumat, 21 Januari 2022

Super Unik! Bocah Asal Kedunglegok Purbalingga Mampu Tirukan Suara Berbagai Hewan dan Jalan dengan Jari Ditekuk

Muhammad Iksan Nuril Aziz. (Amin)

Kita pasti setuju jika bunyi suara ayam ‘petok-petok’ dan kucing ‘meoong’. Rata-rata manusia bisa menirukannya. Tapi untuk beragam suara hewan lain, rasanya tidak semua orang mampu menirukannya. Nah, bocah 11 tahun asal Kedunglegok Kecamatan Kemangkon Purbalingga, memiliki kemampuan unik itu. Dia bisa menirukan dengan persis beragam suara binatang.


Purbalingga, serayunews.com

Muhammad Iksan Nuril Aziz (11), warga Kedunglegok Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga, memiliki kemampuan unik. Disebut unik, karena pada umumnya manusia tidak memiliki kemampuan seperti dirinya. Dia mampu menirukan beragam suara burung dan binatang lainnya.

Nuril, panggilan akrabnya, secara autodidak dia bisa menirukan suara binatang mirip dengan aslinya. Tak hanya burung, suara hewan seperti singa, harimau, gajah, dan sebagainya pun dia bisa tirukan. Kemampuannya itu merupakan bakat alami dari seorang nuril.

Baca juga  Maning! Berkali-kali Anak Punk Kena Razia di Purbalingga, Rata-rata di Bawah Umur

“Tidak latihan khusus, ya sering saja coba-coba, dan katanya mirip,” kata Nuril.

Anak pertama pasangan Abdul-Yeni ini mengaku tidak ada trik dan tips khusus. Dia tidak tau bagaimana awalnya, sampai bisa menirukan suara binatang dengan mirip. Kemampuannya itu lahir begitu saja dan menjadikan keunikan tersendiri.

“Iya, awalnya denger, lalu tiru, dan katanya mirip,” kata Nuril.

Siswa kelas V MI Ma’rif NU Kedungbenda itu pun mengaku biasa saja. Kemampuan yang dimilikinya itu, tidak menjadikan ada pembeda dibanding orang pada umumnya. Dalam keseharian dia juga beraktivitas seperti pada umumnya. Makan dan minum yang dia konsumsi sama, dan sangat umum.

“Tidak ada yang dihindari (makanan atau minuman, red), tapi saya minum air putih anget setiap hari, paling tidak empat gelas,” ucapnya.

Baca juga  Panggung Annual Employee Award untuk Pekerja Terbaik di Pertamina Cilacap, Seperti Apa?

Tidak hanya menirukan suara binatang saja dia mahir. Di usianya itu, dia juga sangat merdu melantunkan suara azan, termasuk dalam membaca selawat.

“Dia juga sering hari adzan di musala. Saat dia Madura, dia pernah juara azan,” kata nenek Nuril.

Nuril mengaku ada beda ketika orang-orang telah mengetahui kemampuan uniknya itu. Kini ada jadwal tambahan dalam kesehariannya. Bersama tetangganya kini Nuril sering membuat konten video. Hasilnya diunggah di kanal yuotube ‘Teguh Kendang Official’.

“Dulu sering dinakali di sekolah, karena saya kemampuan nulisnya terbatas, tapi setelah dikenal jadi youtuber teman-teman tidak lagi mengejek,” ujar Nuril dengan polos.

Setelah menyadari keunikan yang dia miliki, Nuril bercita-cita ingin jadi youtuber. Dia sangat ingin mendapatkan uang seperti youtuber lain. Dia merasakan bahwa bakatnya bisa menghasilkan, karena sejumlah pengalaman. Di antaranya, dalam suatu acara hajatan, dia diminta untuk menirukan suara hewan. Seusianya, dia diberi uang Rp 20 ribu. Pada pengalaman lain, dia juga pernah melakukan hal serupa, dan diberi uang Rp 50 ribu.

Baca juga  Geger di Desa Paketingan Sampang, Ada Sesosok Mayat Pria Tergantung di Pohon Laban

“Pas vaksin di sekolah, saya disambut pak polisi, dan diajak foto bareng,” ujarnya.

Tak berhenti di sini, anak pertama dari tiga bersaudara ini juga memiliki kemampuan lain. Dia bisa jalan dan loncat, dengan posisi jari kaki ditekuk. Loncat dari ketinggian sekitar 50 cm, dia tidak merasakan sakit. Dia juga mempraktikkan jalan dengan jari ditekuk, sejauh 50 meter.

“Ma, Nuril pengin ndandani HP lah, nggo gawe konten,” cletukan Nuril di akhir pertemuan dengan Serayunews.com.

Berita Terkait

Berita Terkini