Jumat, 12 Agustus 2022

Tahapan Pemilu 2024 Sudah Dimulai, Berikut Syarat Wajib bagi Parpol untuk Bisa Ikut Kontestasi 

Ilustrasi Pemilu

Ada 19 Partai Politik (Parpol) di Purbalingga, bisa mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Parpol wajib memenuhi beberapa persyaratan untuk bisa mengikuti kontestasi.


Purbalingga, serayunews.com

Zamahsari Ramzah, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Purbalingga menjelaskan, saat ini sistem pendaftaran menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Langkah itu untuk memudahkan parpol dan penyelenggara atau KPU.

“Semua data berbentuk digital, sehingga tidak perlu lagi membawa dokumen yang bertumpuk-tumpuk karena harus mengumpulkan seluruh pengurus dan anggota parpol se-Indonesia. Sedangkan bagi KPU, akan memudahkan dalam pemantauan,” kata Zamzam.

Baca juga  Pondok Pemuda Sempat Mangkrak, Pos Pendakian Gunung Slamet di Bambangan Ini Diaktifkan Lagi

Tahapan awal tahapan untuk Pemilu 2024, kini sudah mulai. Berdasar PKPU nomor 4 tahun 2022, parpol wajib memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan untuk menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang.

Berikut ini sejumlah persyaratan bagi parpol untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

  1. Berstatus badan hukum sesuai dengan Undang-Undang tentang Partai Politik.
  2. Memiliki kepengurusan di seluruh provinsi.
  3. Punya kepengurusan di 75% jumlah kabupaten/kota.
  4. Memiliki kepengurusan di 50% jumlah kecamatan di kabupaten/kota.
  5. Menyertakan paling sedikit 30% keterwakilan perempuan pada kepengurusan Parpol.
  6. Memiliki anggota sekurang-kurangya 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan Parpol yang di buktikan dengan kepemilikan KTA.
  7. Menyampaikan nama, lambang, dan tanda gambar Parpol kepada KPU.
  8. Mempunyai kantor tetap untuk kepengurusan Parpol pada tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sampai tahapan terakhir Pemilu.
  9. Menyerahkan nomor rekening atas nama Parpol di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.
Baca juga  Kick Off Liga 3 pada 11 September 2022, Ini Persiapan Persibangga

Proses pendaftaran hingga verifikasi, akan berlangsung mulai 29 Juli 2022, diawali dengan pengumuman pendaftaran. Selanjutnya, verifikasi dan berakhir dengan pengumuman parpol peserta pemilu, pada 14 Desember 2022 mendatang.

Bulan Februari 2024, merupakan hari H dilaksanakan pencoblosan dan penghitungan. Baik pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/ kota.

Berita Terkait

Berita Terkini