Minggu, 28 November 2021

Tahun 2018 Cilacap Lanjutkan Prestasi Menggembirakan, Jadi Kabupaten Layak Anak

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat penyerahan penghargaan Kabupaten Layak Anak. foto: dok Pemkab Cilacap

Salah satu prestasi bagus didapatkan Cilacap pada tahun 2018 lalu.Kabupaten Cilacap meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Keberhasilan ini merupakan penghargaan yang kedua, setelah pada tahun 2017, Kabupaten Cilacap juga menerima penghargaan yang sama.


Cilacap, serayunews.com

Piala dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak saat itu, Prof Yohana Yembise, pada puncak Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2018 di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/07).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan, keberhasilan ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Kabupaten Cilacap.KLA bagi Cilacap, telah menjadi komitmen yang terintegrasi dalam visi misi serta implementasi empat pilar program Bangga Mbangun Desa.

Penghargaan KLA merupakan evaluasi atas komitmen pemerintah kabupaten/kota dalam memberikan pelayanan anak, khususnya dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak tumbuh kembang anak.

Pelaksanaannya tidak mudah karena memerlukan kerjasama lintas sektor antar OPD di bawah koordinasi Pemkab, yang menjabarkan urusan anak dan perempuan sebagai urusan wajib pemerintah daerah. Pada peringatan Hari Anak Nasional, selain penghargaan KLA juga diserahkan sejumlah penghargaan lain seperti, penghargaan atas Pemenuhan Hak Sipil terbaik, Pembinaan Anak Daerah terbaik, penghargaan Puskesmas terbaik, Pelayanan Ramah Anak terbaik, serta Sekolah Ramah Anak terbaik.

Dari total 389 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang dievaluasi, tercatat 177 kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan. Rinciannya, 2 kota berhasil meraih penghargaan Utama, 11 kabupaten/kota meriah penghargaan Nindya, 51 kabupaten/kota meraih penghargaan Madya, dan 113 kabupaten/kota meraih penghargaan Pratama.

Berita Terkait

Berita Terkini