Jumat, 12 Agustus 2022

Tangani Dampak Rembesan Pipa BBM di Jeruklegi, Petugas Dirikan Posko Aduan

Potret perbaikan rembesan pipa di Sungai Jambu Jeruklegi Cilacap (Ulul Azmi)

Penanganan dampak rembesan pipa BBM di Sungai Jambu, Dusun Lengkong, Desa Jeruklegi Kulon, Cilacap masih terus berjalan. Selain melokalisir ceceran minyak dan memperbaiki pipa yang rembes, petugas juga mendirikan posko aduan.


Cilacap, serayunews.com

Dalam menangani dampak lingkungan dari rembesan pipa BBM tersebut, PT Hutama Karya dengan kerja sama operasi (KSO) PT Timas Suplindo. KSO PT Timas Suplindo adalah pelaksana proyek pipa Cilacap-Bandung (CB) 3 telah mendirikan posko aduan masyarakat.

“Untuk posko barangkali dari masyarakat ada keluhan aduan segala macam, bisa mendatangi posko di aula Polsek Jeruklegi. Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian di sana. Sehingga informasi-informasi bisa disampaikan di sana,” kata Deputy Construction Manager PT Hutama Karya, Darmawan kepada serayunews.com, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga  Diduga Dampak Proyek, Pipa BBM Rembes di Dusun Lengkong Jeruklegi

Darmawan menyampaikan, dalam menanggulangi rembesan pipa BBM tersebut, pihaknya juga telah membentuk tim khusus. Tim itu di antaranya tim untuk menanggulangi pipa rembes, serta ada tim penanghulangan BBM, tim lingkungan serta tim humas dan security.

“Kami bahu membahu dengan dengan tim Pertamina, baik dari Lomanis, Rewulu, dan Patra Niaga. Kami membentuk satu tim khusus, mungkin dalam hitungan hari saja masalah ini dapat teratasi,” ujarnya.

Aula Polsek Jeruklegi dijadikan sebagai posko aduan dampak rembesan pipa BBM di Jeruklegi Cilacap.
Baca juga  Ini Respons Bupati Cilacap Soal Rembesan Pipa BBM di Sungai Jambu Jeruklegi
Mencari Titik Lubang

Ia menambahkan, bahwa saat ini tim di lapangan masih berupaya mencari titik lubang pipa yang rembes. Kemudian selanjutnya akan ada perbaikan, sehinga pipa CB1 bisa beroperasi kembali.

“Dugaan awal lokasi rembes ada di bibir Sungai Jambu sudah kami lokalisir sudah ketemu titiknya. Tinggal saat ini lokasi pasti lubangnya akan kami perbaiki. Dugaan kemungkinan pengerjaan boringnya, karena lokasi lahan pengerjaan kita berada di antara dua pipa existing CB1 dan CB2. Masih dugaannya terkait pekerjaan pengeboran,” tambahnya.

Sementara itu, dari pemantauan serayunews.com di sekitar titik lokasi rembesan pipa, sejumlah alat berat sedang beroperasi. Sejumlah pekerja juga sedang melokalisir ceceran minyak di aliran sungai. Saat ini pada Sabtu siang (6/8), kondisi air sungai berangsur normal dan bau BBM sudah mulai berkurang dari beberapa hari sebelumnya.

Baca juga  Geger! Ular Cincin Emas Melingkar di Atas Talang Rumah Warga Jeruklegi Cilacap

Di sekitar lokasi juga nampak mobil Damkar serta mobil tangki penampung ceceran minyak yang disedot dari sungai. Di sana juga ada penjagaan ketat aparat kepolisian dan security.

Berita Terkait

Berita Terkini