Sabtu, 8 Oktober 2022

Tebing Longsor, Timpa Rumah Warga di Jembangan Banjarnegara

Warga bersama relawan, saat melakukan pembersihan material longsoran yang menimpa rumah milik warga di Desa Jembangan Kecamatan Punggelan pada, Senin (12/9/2022). (Foto Dok relawan RAPI Banjarnegara)

Hujan lebat yang terjadi di Banjarnegara pada Minggu (11/9/2022) sore. Insiden itu menyebabkan tebing yang ada di samping rumah milik Paiman, di Desa Jembangan RT 05 RW 03 Kecamatan Punggelan, longsor.


Banjarnegara, serayunews.com

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kejadian tersebut saat wilayah Punggelan hujan hingga lebih dari 2 jam. Sekitar pukul 19.30 WIB, tebing samping rumah warga longsor dan menimbun rumah milik Paiman.

Tak hanya itu, material longsoran juga menimpa sebuah mobil dan tiga sepeda motor. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun rumah yang tertimpa material longsoran, ambruk.

“Saat ini warga bersama dengan para relawan masih melakukan pembersihan material. Selain itu, menyelamatkan perabotan rumah yang masih bisa terselamatkan,” kata perangkat Desa Jembangan, Jarwadi.

Sementara itu, koordinator relawan RAPI Banjarnegara, Tejo Sumarno mengatakan, setelah mendapatkan laporan anggotanya di lapangan, dia bersama relawan lain langsung melakukan komunikasi dengan pihak terkait. Pihaknya juga menerjunkan relawan untuk melakukan evakuasi dan pembersihan material longsoran.

“Ada beberapa titik kejadian akibat hujan kemarin. Saat ini tim dan relawan kami bagi untuk membantu proses kerja bakti pembersihan material longsoran,” ujarnya.

Untuk kejadian di wilayah Punggelan, setidaknya satu rumah dan satu unit mobil pikap dan tiga sepeda motor tertimbun material longsoran.

“Pagi ini kita sudah terjunkan relawan untuk bersama-sama melakukan pembersihan material longsoran,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini