Minggu, 5 Februari 2023

Tempati Lahan Baru, Terminal Karangpucung Cilacap Segera Direlokasi

terminal karangpucung cilacap
Situasi Terminal Karangpucung baru saat malam hari, Rabu (18/1/2023). (Dok Dishub Cilacap)

Pembangunan Terminal Karangpucung baru, telah selesai. Pemkab Cilacap pun rencananya, akan segera merelokasi dalam waktu dekat ini. Adapun terminal baru tersebut, merupakan terminal tipe C.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo mengatakan, pihaknya akan melaksanakan uji coba operasional terminal baru tersebut pada 3 Februari 2023 mendatang. Hal itu untuk memastikan kualitas bangunan, serta sarana dan prasarana terminal baru tersebut.

“Kemarin sudah rapat, kita akan uji coba 3 Februari. Kita harus pastikan, bahwa bangunan ini kualitasnya bagus, karena kan areal terminal ini untuk bus, amblas atau tidak. Kan gitu,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Progres Rute Bus Trans Banyumas Sampai ke Cilacap, Akan Dibangun Terminal di Slarang 

Ia menjelaskan, adapun lokasi terminal baru tersebut berada tak jauh dari terminal lama, bahkan jaraknya hanya 50 meter, menempati bekas kantor Kecamatan Karangpucung dan bekas Puskesmas Karangpucung. Menurutnya, terminal tersebut merupakan salah satu terminal yang paling ramai daripada lainnya.

“Iya setelah uji coba kok oke, nanti kita segera relokasi. Kebutuhan mendesak sih, Terminal Karangpucung selama ini yang paling ramai, bisa memberangkatkan sampai 200 penumpang sehari,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sejumlah urgensi relokasi ini, selain merupakan terminal teramai sehingga membutuhkan lahan yang lebih luas. Kepemilikan tanah terminal lama, juga menjadi pertimbangannya. Tanah terminal lama, merupakan milik pemerintah desa setempat, bukan milik Pemkab Cilacap.

“Nah kalau sekarang kan ini tanah Pemkab, lebih luas juga. Harapan kita bisa menampung lebih banyak jumlah armada, penumpang menjadi nyaman,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini