Jumat, 24 September 2021

Tercium Tim Satgas, Pentas Kuda Lumping di Pengadegan Bubar

Tim satgas sedang memberikan edukasi protokol kesehatan. (Amin)

Seperangkat gamelan yang diantarnya terdiri dari gong, kenong, saron, dan kendang sudah tertata rapi. Panggung sudah didirikan, lengkap dengan semua umborampenya. Sejumlah pemain sudah berdandan dan siap pentas. Sejumlah penonton sudah mulai berada disekitar lokasi. Tetapi, gelaran pentas kuda lumping gagal terselenggara lantaran didatangi tim Satgas Covid-19.


Purbalingga, serayunews.com

Kapolsek Pengadegan AKP Susilo mengatakan,  pihaknya mendapatkan laporan bahwa di Desa Tumanggal akan diselenggarakan pentas kuda kepang. Tepatnya di wilayah RT 5 RW 2 Desa Tumanggal.

“Saat kita lakukan pengecekan benar saja seluruh persiapan pentas sudah lengkap dan menunggu jam pelaksanaan,” kata AKP Susilo, Sabtu (28/08/2021).

Diketahui, penyelenggaraan pentas kuda lumping adalah salah seorang warga Tumanggal berinisial SP. Rencananya pentas itu akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 wib.  Diprediksikan pentas kuda lumping itu akan sangat berpotensi mengundang kerumunan. Maka oleh tim Satgas Covid tingkat kecamatan dibubarkan.

“Rencana pentas kuda kepang yang akan dimulai pukul 14.00 WIB. Penyelenggara yaitu SP warga RT 5 RW 2 Desa Tumanggal,” katanya.

Dia menjelaskan, wilayah Kabupaten Purbalingga masih diterapkan PPKM Level 4, maka kegiatan masyarakat yang berpotensi dihadiri banyak warga belum diperbolehkan. Oleh sebab itu kita lakukan pembubaran kegiatan. Pembubaran dilakukan tim satgas yang terdiri Polisi, TNI, dan Satpol PP.

“Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Purbalingga kegiatan masyarakat berupa hiburan maupun pentas seni budaya yang menghadirkan banyak penonton belum diperbolehkan. Oleh karenanya kita lakukan pemantauan dan apabila ditemukan masih ada kegiatan tersebut kita lakukan upaya pembubaran,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Kapolsek, pembubaran dilakukan secara humanis. Pihaknya memberikan penjelasan kepada penyelenggara. Hingga akhirnya mau untuk membatalkan acara.

“Setelah kita berikan pemahaman terkait penerapan PPKM Level 4, penyelenggara bersedia membatalkan pentas kuda kepang. Kelengkapan dan peralatan kuda kepang kemudian dibongkar dari lokasi yang rencananya pentas akan dilaksanakan,” kata dia.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini