Rabu, 25 Mei 2022

Tetap Berjaya di Masa Pandemi, Ini 4 Transformasi yang Dilakukan Kopama Cilacap

Koperasi Pekerja Pertamina Wijayakusuma (Kopama) Cilacap, menerapkan 4 transformasi penting untuk tetap menjaga semangat juara di masa pandemi dalam dua tahun terakhir. Hal itu diungkapkan Ketua I Kopama, Agus Rahmat Jamal dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) XVIII tahun 2022 di gedung Persatuan Wanita Patra (PWP) RU IV Cilacap, Sabtu (26/3/2022).


Cilacap, serayunews.com

Dijelaskan Agus, keempat transformasi Kopama tersebut adalah transformasi model bisnis, transformasi organisasi, transformasi business process, dan transformasi sumber daya manusia.

“Masa pandemi dan era disrupsi mengubah banyak hal di seluruh sendi kehidupan. Pada kondisi ini mental juara seringkali diuji, maka tidak ada pilihan lain kecuali bertransformasi, kejelian melihat peluang, dan mental yang kuat,” ujarnya.

Baca juga  Utamakan Kualitas, MFA Banjarnegara Buka Pendaftaran Siswa Baru

Setelah memperkuat sistem dengan digitalisasi, kini pihaknya melakukan up skilling sumber daya manusia untuk menjawab tuntutan model bisnis yang sedang dikembangkan.

“Kami berkomitmen dan bersemangat untuk beradaptasi dengan zaman. Peran serta anggota dan mitra sangat penting seraya komunikasi dan hubungan harmonis yang telah terbangun baik ini terus dirawat,” kata Agus.

Senada, Pjs. GM PT KPI RU IV Cilacap, Arief Budiyanto, menekankan samangat berinovasi dengan digitalisasi sebagai backbone harus menjadi komitmen Kopama dalam layanan anggota sampai pengembangan bisnis.

“Penting bagi Kopama untuk menguatkan spirit inovasi dengan penguatan kualitas sumber daya manusia. Ketika sistem gaya milenial namun sumber daya manusia masih kolonial maka akselerasi tidak optimal,” ungkapnya.

Baca juga  Tak Seperti yang Dikhawatirkan, Kasus Covid-19 di Purbalingga Turun Setelah Lebaran

Arief berharap, Kopama terus melebarkan sayap bisnis, menjangkau pasar lebih luas melalui peluang bisnis, dan komitmen kuat untuk tumbuh.

“Pesan saya Kopama agar tidak hanya fokus pada bisnis, namun juga merawat kepedulian sosial bagi anggota maupun masyarakat. Kolaborasi Kopama dalam kegiatan CSR merupakan upaya yang patut kami apresiasi,” imbuhnya.

Sementara itu, RAT yang mengusung tema Spirit of Kopama, Spirit of Champioin ini diselenggarakan secara virtual melalui platform M-Teams. Rapat mengagendakan Laporan Pertanggungjawaban Tahun Tutup Buku 2021 dan Rapat Amandemen AD/ART. Selain Pjs GM, rapat juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap, Umar Said; dan Ketua Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK), Titok Dalimunthe secara virtual.

Berita Terkait

Berita Terkini