Tiga Gereja Disemprot Disinfektan

 

Cilacap, Serayunews.com- Pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap. Dengan melakukan penyemprotan di tempat ibadah, seperti gereja. Ada tiga gereja yang di semprot disinfektan pada Sabtu (21/3).

Gereja GPIB Galilea di Jalan Rinjanu, GPIB Galilea Jalan Pisang dan Gereja HKBP Jalan Kinibalu. Penyemprotan dilakukan ke seluruh bagian gereja.

Penyemprotan dilakukan sebelum pelaksanaan ibadah di gereja tersebut. Sehingga diharapkan bisa mencegah penularan virus.

Staf Markas PMI Kabupaten Cilacap R Endro Teguh Kusumo mengatakan jika penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Tim WASH atau Water Sanitation and Hygiene PMI Kabupaten Cilacap.

“Penyemprotan disinfektan dilakukan di lingkungan Gereja, dengan menyasar bagian dalam gereja, lantai, dinding, teras, kursi tempat ibadah, dan lainnya,” ujarnya.

Dengan penyemprotan disinfektan ini diharapkan bisa menghambat bahkan mencegah penyebaran Covid 19.

“Penyemprotan ini juga grayis, atau tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Pada Sabtu kemarin Tim WASH PMI Kabupaten Cilacap melakukan penyemprotan di beberapa tempat, selain tiga gereja tersebut juga di Kantor Kecamatan Cilacap Tengah, UPPD Cilacap atau kantor Samsat, Kantor ATR BPN Cilacap.

Wakil Ketua III PMI Kabupaten Cilacap Koesdjarjo mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa poin, diantaranya kapasitas gedung, tingkat penemuan orang dalam pemantauan (ODP), potensi pengunjung, dan potensi kerentanan. Fasilitas umum yang akan disemprot disinfektan ini, harus melalui pertimbangan tersebut.

“Semua fasilitas yang ada di Cilacap kita lakukan assasmen berdasarkan tingkat kerawanan, contohnya apa daerah tersebut ada ODP, area itu punya skala prioritas, fasilitas umum yang didatangi banyak orang dan berasal dari manapun,” katanya.

Direncanakan pada Minggu (22/3) akan dilakukan penyemprotan di Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Cilacap, BPJS Kesehatan, sertab Kanyor BNI Cabang, BNI Kantor Kas Gatot Subroto, dan BNI Kantor Kas MT Haryono.

Berita Terkait

Berita Terkini