Senin, 21 Juni 2021

Tiga Wisatawan di Purbalingga Diminta Pulang Karena Reaktif Setelah di Rapid Tes Antigen

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat melakukan monitoring sejumlah objek wisata di Purbalingga, Minggu (16/05/2021) (Amin Wahyudi)

Tiga wisatawan di Destinasi Lembah Asri Serang (D’Las) dinyatakan reaktif, setelah dilakukan rapid tes antigen. Dua wisatawan berasal dari luar kota, dan satu warga lokal Purbalingga. Sehingga, tiga orang tersebut diminta untuk pulang ke rumah masing-masing. Hal tersebut diketahui saat Bupati Purbalingga melakukan monitoring di sejumlah objek wisata (Obwis) di Kabupaten Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan, wisatawan tersebut dua berasal dari luar kota, dan yang satunya dari Kecamatan Bukateja. Bagi para wisatawan yang reaktif tersebut kemudian kita arahkan untuk kembali ke daerah asalnya.

“Yang dari luar kota kita terbitkan surat keterangan hasil test rapid antigen agar ditindaklanjuti oleh Puskesmas asalnya. Untuk yang Bukateja kita akan lakukan PCR kepada yang bersangkutan,” katanya, Minggu (16/05/2021).

Mendapati hal teresebut, lanjut Tiwi, pihak Pemkab belum akan menutup obyek wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga. Sementara akan dilihat perkembangannya terlebih dahulu. Jika memang mengalami peningkatan yang signifikan, baru akan ditindaklanjuti.

“Kita lihat perkembangan besok bagaimana, jika ada penambahan kasus karena dibukanya obyek wisata ya ada opsi penutupan,” ujarnya.

Pelaksanaan rapid tes antigen di salah satu objek wisata di Kabupaten Purbalingga (Amin Wahyudi)

Pihaknya hanya mengingatkan agar pengelola lebih ketat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pemkab Purbalingga melalui Dinas Kesehatan mengadakan rapid test antigen secara acak terhadap para pengunjung, untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Hari ini kita monitoring di tiga obyek wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga, Golaga, Lembah Asri Serang (D’LAS) dan Owabong. Golaga dan Owabong hasilnya negatif,” kata Tiwi.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini