Sabtu, 18 September 2021

Tim 30 KKN UNS Gelar Sosialisasi Peningkatan Kualitas Produk UMKM Melalui Diversifikasi Produk dan Digital Marketing di Desa Ujungmanik

Mahasiswa UNS melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) program andalan dan penunjang kampanye perubahan perilaku, sosialisasi peningkatan kualitas produk UMKM, sosialiasi urban farming, pendampingan belajar melalui program rumah belajar dan ayo membaca di Desa Ujungmanik, Kabupaten Cilacap

Terhitung sejak tanggal 3 Agustus 2021, 9 orang mahasiswa UNS telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Ujungmanik, Kabupaten Cilacap. Mereka tergabung di dalam kelompok 30 KKN Tematik Integratif UNS dengan dosen pembimbing lapangan yaitu bapak Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn.

Terdapat beberapa program andalan dan penunjang yang dilakukan oleh mahasiswa. Program utama yang dilaksanakan diantaranya adalah kampanye perubahan perilaku, sosialisasi peningkatan kualitas produk UMKM, sosialiasi urban farming, pendampingan belajar melalui program rumah belajar dan ayo membaca. Adapun program penunjang meliputi semarak agustus, mengajak warga untuk mengurangi sampah plastik, pembuatan media pembelajaran, dan jaga tangga.

Salah satu program andalan yang dilaksanakan pada hari Jumat (28/08/2021) yaitu sosialisasi meningkatkan kualitas produk UMKM. Program ini ditujukan kepada masyarakat desa Ujungmanik yang memiliki usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara blended yaitu daring melalui media Zoom Meeting dan luring yang bertempat di Balai Desa Ujungmanik dengen tetap menggunkanan protokol kesehatan.

Antusias!

Pembicara yang diundang dalam sosialisasi ini yaitu bapak Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn. dengan materi diversifikasi produk dan Ibu Mela Ugus Alafiya S.P. yang membawakan materi digital marketing.

Antusias warga mengikuti program kkn mahasiswa UNS dengan mencatat ilmu yang diberikan oleh mahasiswa kkn UNS.

Sosialisasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat desa Ujungmanik dalam meningkatkan kualitas produknya agar mampu bersaing di dunia pasar serta agar mampu bertahan di masa pandemi. Dimana selama pandemi ini, banyak usaha yang mengalami kerugian akibat menurunnya pembeli. Sosialisasi ini berperan dalam mengenalkan digital marketing kepada masyarakat desa agar dapat menjangkau mangsa pasar yang lebih luas lagi.

Para pelaku UMKM di desa Ujungmanik sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Hal ini terbukti dari peserta sosialisasi yang mendengarkan dengan seksama, mencatat materi, dan bertanya kepada narasumber.

Editor :Tim Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini