Sabtu, 13 Agustus 2022

Tinggal di Rumah Tak Layak Huni, Suami Istri Renta di Gunungwuled Purbalingga Butuh Uluran Tangan

Kaki Sadi dan Nini Manis, warga RT 3 RW 6 Dukuh Bawahan, Desa Gunungwuled Kecamatan Rembang, Purbalingga tinggal di rumah tak layak huni. Kondisi kesehatan keduanya juga memprihatinkan. (dok warga)

Sepasang suami istri berusia renta masing-masing Madikrama (81) dan Manis (77), warga Dukuh Bawahan RT 3 RW 6 Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga membutuhkan uluran tangan. Pasalnya keduanya tinggal di rumah tidak layak huni dan belum mendapatkan perhatian dari pemerintah desa setempat.


Purbalingga, serayunews.com

“Kaki Sadi dan Nini Manis, begitu warga menyebutnya tinggal di rumah dengan ukuran 2,5x 5 meter. Rumah dengan satu ruangan ini kondisinya pengap dan tidak sehat. Selain menjadi kamar tidur, rumah dengan satu ruangan ini juga berfungsi sebagai dapur,” kata perwakilan pemuda Desa Gunungwuled, Dirin Prayoga kepada serayunews.com, Senin (1/8/2022).

Baca juga  Keterlaluan! Mantan Kepala Kantor Pos Cabang Kecamatan Rembang Purbalingga Ini, Nekat Korupsi untuk Judi

Mereka hanya tinggal berdua di rumah tersebut. Kaki Sadi saat ini mengalami sakit karena faktor usia. Sehingga dia hanya bisa tergolek lemah di tempat tidur beralas kasur tipis dan tikar. Sementara sang istrilah yang melayani.

“Mulai memasak dan juga menyediakan makanan untuk suaminya,” ungkapnya.

Untuk kebutuhan hidup sehari-hari, keduanya hanya bergantung dari uluran tangan warga setempat. Biasanya ada warga yang datang untuk memberikan sekadar beras atau bahkan makanan dan juga lauk pauk.

“Sementara dari pemerintah desa belum ada kebijakan untuk membantu mereka,” ujarnya.

Baca juga  Warga Kaligondang Purbalingga Ini, Ditemukan Meninggal Saat Membersihkan Kebun, Ternyata Ini Penyebabnya
Rumah Kaki Sadi fan Nini Manis. (Dok warga)

Oleh karena itu dia bersama sejumlah pemuda berniat untuk melakukan gerakan bersama untuk membantu sepasang suami istri berusia lanjut tersebut. Menurutnya Pemkab Purbalingga memiliki program Rantang Berkah, yang merupakan program memberikan bantuan makanan kepada warga lanjut usia (lansia).

“Kami juga akan koordinasikan dengan pihak terkait. Termasuk memberikan pelayanan kesehatan. Karena Kaki Sadi sudah sakit-sakitan,” katanya lagi.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Gunungwuled, Nashidurin Latif ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai adanya warga yang mengalami kondisi hidup yang memprihatinkan tersebut. Namun dia berjanji akan segera melakukan pengecekan dan mengambil langkah.

Baca juga  Kios Handphone di Purbalingga Terbakar, Ibu dan Anak Meninggal Terjebak Api

“Saya malah baru dapat informasi dari njenengan mas wartawan. Kadus dan juga Ketua RT/RW belum pernah melaporkan hal ini kepada kami,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini