Selasa, 27 September 2022

Tingkatkan Kerohanian Warga Binaan, Lapas Narkotika Nusakambangan Gandeng Kantor Kemenag Cilacap 

Penandatanganan kerjasama antara Kepala Lapas Narkotika Nusakambangan RM. Kristyo Nugroho, dengan Kepala Kantor Kemenag Cilacap, Imam Tobroni, di Kantor Kemenag Cilacap, Selasa (19/7/2022). (Dok Kemenag Cilacap)

Dalam rangka meningkatkan kerohanian warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Nusakambangan, menggandeng Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap. 


Cilacap, serayunews.com

Penandatanganan kerjasama oleh kedua pimpinan instansi tersebut, yakni antara Kepala Lapas Narkotika Nusakambangan RM. Kristyo Nugroho, dengan Kepala Kantor Kemenag Cilacap, Imam Tobroni, di Kantor Kemenag Cilacap, baru-baru ini.

Perjanjian kerjasama itu, berisi tentang penyelenggaraan layanan pembinaan kepribadian bagi warga binaan pemasyarakatan. Kantor Kemenag Cilacap, akan terlibat secara langsung dalam pembinaan kerohanian di Lapas Narkotika Nusakambangan.

Kepala Lapas Narkotika Nusakambangan RM. Kristyo Nugroho menyebutkan, dengan pelibatan Kantor Kemenag Cilacap dalam pembinaan kerohanian, harapannya dapat meningkatkan mental dan spritual warga binaan.

“Tentu agar warga binaan bisa mendapatkan bimbingan kerohanian lebih dari biasanya,” katanya.

Menurutnya, dengan meningkatnya kualitas ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, dapat mendorong perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Selain itu dibarengi dengan meningkatnya wawasan kerohanian warga binaan. Di sisi lain, ada tuntutan pada mereka untuk memiliki kesadaran diri.

“Terutama kesadaran diri dalam memulihkan perilaku hidup yang lebih bertanggung jawab di masa depan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Cilacap, Imam Tobroni, menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, warga binaan Lapas memang seharusnya mendapatkan bekal kerohanian, agar setelah keluar, nantinya dapat menjalankan fungsi sosial di lingkungan masyarakat dengan baik.

“Harapan kami melalui kerjasama ini dapat berkontribusi positif, membentuk karakter warga binaan yang memiliki Akhlakul Karimah,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini