Tingkatkan Literasi Digital, SMPN 1 Banjarnegara Gelar Pelatihan Jurnalistik bersama serayunews.com

Siswa SMPN 1 Banjarnegara, sedang mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Maula Asadilla, perwakilan serayunews.com biro Banjarnegara, Jumat (10/2/2023). (Dok SMPN 1 Banjarnegara)

Sebagai upaya untuk meningkatkan teknik menulis, sejumlah siswa SMPN 1 Banjarnegara mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan tersebut berlangsung di lingkungan sekolah, Jumat-Sabtu (10-11/2/2023).


Banjarnegara, serayunews.com

Pelatihan jurnalistik ini untuk menguatkan literasi siswa di era digital dengan menggandeng Serayunews.com biro Banjarnegara.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program literasi sekolah, jelang penerbitan majalah Cakrayudha yang bersiap untuk bermetamorfosis dari cetak menuju digital,” kata wakil kepala SMPN 1 Banjarnegara, Teguh Riyanto.

Menurutnya, dengan pelatihan ini harapannya mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa, termasuk mengenal tentang pemberitaan yang ada di media digital. Selain itu, mendukung kegiatan siswa dalam memanfaatkan gawai dan berinteraksi melalui media sosial.

Baca juga: SMPN 1 Banjarnegara Juara Umum Festival Tunas Bahasa Ibu

Dia mengatakan, pelatihan jurnalistik ini juga menjadi ruang bagi siswa yang memiliki bakat dalam dunia literasi. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan pengetahuan  mengenal karakertistik tulisan, kode etik, hingga praktik dalam wawancara, pembuatan dan pengolahan berita.

“Kami berharap dari kegiatan ini, anak-anak bisa memiliki semangat lebih banyak dalam kegiatan berliterasi,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini