Senin, 5 Desember 2022

Tinjau Jalur Aternatif Banyumas – Brebes yang Terputus di Gumelar, Ganjar Minta Bikinkan Jembatan Sementara

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat meninjau lokasi jalan longsor di Desa Samudra Kulon, Kecamatan Gumelar, Rabu (23/11/2022). (Dok Humas Pemkab Banyumas)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau jalur alternatif Banyumas – Brebes yang terputus di Desa Samudra Kulon, Kecamatan Gumelar, Rabu (23/11/2022). Jalur tersebut hingga kini belum bisa dilalui lantaran terdampak tanah longsor pada, Jumat (18/11/2022) lalu.


Banyumas, serayunews.com

Karena kondisi jalur tersebut, Ganjar minta dipikirkan alternatif supaya bisa dilalui kembali.

“Bupati sebenernya sudah menyiapkan perbaikan jalan, sudah bagus. Ini lagi kita siapkan desain agar kita carikan jalan alternatif,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, dari kontur dan posisi jalan yang berada di lereng bukit serta kemiringan yang cukup tinggi, membuat titik tersebut rawan longsor. Sehingga, alternatif yang perlu dipertimbangkan adalah membuat jalan memutar.

“Mungkin diputar, karena ini ada punggungan bukit di sebelahnya. Selain mencari alternatif, minimal diupayakan ada jembatan sementara,” kata dia.

Panjang badan jalan yang mengalami longsor mencapai sekitar 25 meter, dengan kedalaman tebing dan sungai lebih dari 50 meter. Karena kondisi tersebut, warga di dusun sekitar terisolasi atau kesulitan untuk malangsungkan mobilitas.

“Tetapi alhamdullilah warganya aman, warganya sehat. Tinggal nanti kalau kebutuhan sehari-hari, saya usul pedagang sayuran yang datang ke sini. Ini ada jalan daruratnya bisa dipikul, intinya dari mereka semuanya akan terlayani dengan baik,” ujarnya.

Sementara menurut warga sekitar yang sempat berdialog dengan gubernur dan Bupati Banyumas, Achmad Husein mengaku, longsornya jalan tersebut melumpuhkan perekonomian mereka.

Karena jalan tersebut, merupakan penghubung antara Kecamatan Gumelar dengan Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Berita Terpopuler

Berita Terkini