Senin, 5 Desember 2022

Unik di Piala Dunia 2022, Dua Lelaki Akan Melawan Negara Kelahirannya

Trofi Piala Dunia. gambar: 3D Animation Production Company dari Pixabay

 

Ada yang unik di Piala Dunia 2022 yang akan mulai pada 20 November 2022. Dua lelaki akan melawan tanah kelahirannya sendiri.


Meksiko City, serayunews.com

Dua lelaki itu adalah Gerardo Martino dan Rogelio Funes Mori. Hanya saja, nama terakhir belum pasti apakah akan melawan negara kelahirannya di Piala Dunia 2022.

Gerardo Martino adalah lelaki kelahiran Santa Fe, Argentina pada 1962. Kini, dia adalah pelatih Timnas Meksiko. Meksiko dan Argentina ada di grup yang sama pada Piala Dunia 2022, yakni grup C.

Dengan begitu, Martino yang akrab disapa Tata, akan melawan negaranya sendiri di Piala Dunia 2022. Fenomena pelatih melawan negaranya sendiri bukan hal baru dalam Piala Dunia.

Dahulu kala, pada Piala Dunia 1990, pelatih asal Uni Soviet Valery Nepomnyashchy membesut Kamerun. Uniknya, Kamerun satu grup dengan Soviet di Piala Dunia 1990. Kamerun pun kalah 0-4 dari Soviet.

Pada Piala Dunia 2006, pelatih Meksiko juga berasal dari Argentina yakni Ricardo La Volpe. Meksiko kemudian  bertemu Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2006. Hasilnya, Meksiko kalah 1-2.

Kembali ke fenomena Piala Dunia 2022, jika fenomena Martino melawan negaranya sendiri, maka anak buah Martino juga akan mengalami hal yang sama. Dia adalah Rogelio Funes Mori.

Kembar

Rogelio Funes Mori adalah striker yang lahir di Argentina pada 31 tahun yang lalu. Kemudian, lelaki ini dinaturalisasi oleh Meksiko. Dia pun bermain untuk Timnas Meksiko.

Hanya saja, belum pasti apakah Rogelio Funes Mori akan masuk skuat Meksiko di Piala Dunia 2022 atau tidak. Sebab, saat ini Martino sedang menyeleksi pemain untuk masuk skuat di Piala Dunia 2022, salah satunya adalah Rogelio Funes Mori.

Martino pun mengatakan bahwa dia tidak akan menjamin satu pemain pun pasti masuk skuat Meksiko di Piala Dunia 2022. Maka, dengan ucapan itu, posisi Rogelio Funes Mori pun belum aman.

“Saya tak bicara pada para pemain secara khusus bahwa dia akan terjamin masuk skuat Piala Dunia 2022,” ujar Martino seperti diwartakan as beberapa waktu lalu.

Tapi, jika Rogelio Funes Mori masuk skuat Meksiko dan bermain melawan Argentina, tentu akan jadi fenomena menarik. Sebenarnya, fenomena Rogelio Funes Mori bisa lebih menarik lagi.

Sebab, Rogelio Funes Mori memiliki saudara kembar bernama Ramiro Funes Mori yang bermain sebagai bek. Beberapa tahun lalu, Ramiro pernah masuk skuat Timnas Argentina. Sayangnya, beberapa tahun belakangan Ramiro Funes Mori meredup.

Coba bayangkan saja jika Ramiro Funes Mori masuk skuat Argentina dan main melawan Meksiko di Piala Dunia 2022. Kejadian yang mungkin adalah si kembar bertarung di lapangan atas nama negara yang berbeda. Tapi hal itu tak akan terjadi karena Ramiro tak masuk skuat sementara Argentina di Piala Dunia 2022.

So, bagaimana cerita Gerardo Martino dan Ramiro Funes Mori di Piala Dunia 2022? Kita lihat saja nanti. Oiya, laga Argentina vs Meksiko akan berlangsung pada 27 November 2022 pukul 02.00 dinihari WIB.

Berita Terpopuler

Berita Terkini