Selasa, 28 September 2021

Unik di Purbalingga, Ikut Vaksin Bisa Bawa Pulang Kambing

Flyer vaksinasi berhadiah kambing. (Amin)

Pemerintah terus berupaya menyukseskan program vaksinasi untuk masyarakat, agar tercipta kekebalan tubuh. Langkah tersebut debagai upaya menurunkan persebaran paparan virus Covid-19. Sosialisasi terus dilakukan secara masif, demi menumbuhkan kesadaran masyarakat. Di Desa Serayularangan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Pemdes menawarkan doorprize kambing bagi warga yang melakukan vaksin. Vaksinasi berhadiah itu akan dilaksanakan pada Rabu 15 September 2021.


Purbalingga, serayunews.com

Kepala Desa Serayularangan Fajar Prasetio Utomo menyampaikan, pihaknya terus mendukung upaya pemerintah pusat terkait vaksinasi. Untuk menarik antusiasme warga agar divaksin, Pemdes menyediakan satu ekor kambing sebagai doorprize saat vaksinasi.

“Doorprize sebagai daya magnet bagi warga khususnya lansia, karena peminat vaksinasi kalangan lansia umur 59 tahun ke atas sangat kurang. Kami menyiapkan satu ekor kambing dan hadiah menarik lainnya,” kata Fajar Senin (13/09/2021).

Fajar menyebutkan, pendanaan dari seluruh hadiah berasal dari Dana Desa (DD) Tahun 2021. Pemerintah sebelumnya telah menginstruksikan 8 persen DD untuk penanganan Covid-19. Selain kambing, panitia juga menyediakan berbagai hadiah hiburan lainnya seperti paket sembako.

“Program vaksin berhadiah adalah kerjasama kami dengan Puskesmas Serayularangan, KKN FT Unsoed, Karangtarun dan semua lembaga desa. Semoga dapat berjalan lancar dan sesuai harapan,” katanya.

Saat ini angka cakupan vaksin di Kabupaten Purbalingga masih belum mencapai target. Selain lansia, ada juga dari kalangan ibu hamil yang masih khawatir untuk divaksin. Secara total, di Kabupaten Purbalingga belum mencapai 20 persen warga divaksin.

Oleh larena itu, untuk menyiasatinya Pemdes Serayularangan menggelar program vaksinasi Covid-19 dengan cara unik. Kegiatan vaksinasi berhadiah akan dilaksanakan pada Rabu 15 September 2021. Bertempat di Balaidesa Serayularangan.

“Langkah itu bagi kami adalah ikhtiar untuk mewujudkan Herd Immunity di Desa Serayularangan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada hari itu, disediakan kuota 50 orang untuk lansia diatas 59 tahun dan 10 orang ibu hamil. Calon peserta wajib mendaftar maksimal Selasa 14 September 2021 Pukul 12.00 WIB.

“Syarat pendaftaran masyarakat hanya diwajibkan membawa KTP atau KK. Selain itu peserta wajib mencantumkan nomor HP yang aktif,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini