Sabtu, 2 Juli 2022

Usai dari Kuwait, Shin Tae-yong Langsung “Turun Pangkat” Urus Timnas U19

Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2023. Timnas berhasil lolos setelah berjuang di Kuwait dalam tiga pertandingan. Setelah membawa timnas senior lolos Piala Asia 2023, pelatih asal Korea Selatan itu akan langsung “turun pangkat”.


Jakarta, serayunews.com

Setelah perjuangan dari Kuwait, Shin Tae-yong akan langsung mengurus Timnas Indonesia U-19 yang berlaga di Piala AFF U-19. Kepastian Shin Tae-yong mengomandoi timnas U-19 seperti pernyataan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Melalui keterangan yang dilansir PSSI, Yunus mengatakan, Shin Tae-yong akan langsung memimpin timnas U-19 untuk ajang AFF U19. Ajang AFF U19 akan berlangsung di Indonesia pada 2 sampai 15 Juli 2022.

Baca juga  Argentina Kalah Telak, Ini Skenario Agar Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal

Dua tempat yang akan jadi venue pertandingan adalah Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi dan GBK Madya. Indonesia ada di grup A bersama Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei, Filipina. Grup B ada Malaysia, Singapura, Timor Leste, Kamboja, Laos.

Kejuaraan ini akan memakai sistem setengah kompetisi pada babak grup. Tiap tim di grup bertemu sekali. Dua tim teratas di klasemen akhir akan melaju ke semifinal.

Dalam sejarahnya, Indonesia baru sekali menjadi juara pada Piala AFF U19. Hal itu terjadi pada tahun 2013. Saat itu, Evan Dimas dkk menjadi juara setelah di final mengalahkan Vietnam melalui adu penalti.

Baca juga  Indonesia Pesta Gol dan Lolos, Inilah 24 Kontestan Piala Asia 2023
Nasib Shin Tae-yong

Salah satu isu yang cukup mencuat saat kualifikasi Piala Asia di Kuwait adalah soal nasib Shin Tae-yong. Kabarnya, PSSI akan memaksimalkan Shin Tae-yong untuk hanya mengurusi Timnas U19 atau U20. Artinya, Shin Tae-yong tidak lagi mengurusi timnas senior. Hal itu untuk fokus pada Piala Dunia U20 yang akan berlangsung tahun depan di Indonesia.

Namun, wacana yang gencar ini mendapatkan banyak tentangan. Apalagi setelah Shin Tae-yong mampu membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Banyak pihak, baik pengamat bola atau warganet meminta agar Shin Tae-yong tetap mengurusi timnas senior.

Baca juga  Timnas Indonesia Harus Waspadai Mohamed Salah dari Yordania

Sampai saat ini belum ada keputusan nasib Shin Tae-yong. Tapi jika PSSI mendengar seruan para supporter dan pengamat sepak bola, memang baiknya Shin Tae-yong tetap melatih timnas senior.

Berita Terkait

Berita Terkini