Sabtu, 2 Juli 2022

Usulkan Tuan Rumah Arung Jeram, Panitia Porprov Survei Venue Sungai Serayu Banjarnegara

Tim survei dari panitia Porprov Pati Raya
Tim survei dari panitia Porprov Pati Raya saat meninjau Sungai Serayu Banjarnegara. Foto: Maula

Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi tahun 2023, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Banjarnegara membuay usulan. FAJI Banjarnegara mengusulkan Banjarnegara sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov 2023 yang berpusat di Pati Raya itu.


Banjarnegara, serayunews.com

Usulan serayu sebagai tempat berlangsungnya cabang arung jerang pada Porprov 2023. Sebab,  Sungai Serayu ini layak dan memiliki standart internasional. Apalagi pada ajang PON 2024 mendatang, cabang arung jeram juga akan dipertandingkan.

Baca juga  Peduli Lingkungan, Kelompok Pemuda di Banjarnegara Ini Siap Selamatkan Sungai Serayu

Untuk memastikan kesiapan dan kelayakan venue, Panita Pelaksana Porprov 2023 Pati Raya yang juga ketua KONI Kabupaten Grobogan, Fathurrahman, melakukan kunjungan ke Banjarnegara. Kunjungan itu untuk melihat langsung sekaligus menindaklanjuti usulan KONI Banjarnegara yang mengajukan serayu sebagai tempat pelaksanaan Porprov 2023 cabang arung jeram.

“Kita lihat secara langsung sebagai bahan untuk rapat dan perimbangan sebelum menentukan tempat pelaksanaan untuk cabang arung jeram. Ada beberapa yang harus kita lihat, mulai dari akses masuk, kondisi sungai, serta pendukung lainnya,” katanya.

Menurutnya, pemilihan venue arung jeram yang berada di luar Pati Raya sebagai tuan rumah ini sangat wajar. Sebab, pada Porprov 2018 lalu saat Solo raya menjadi tuan rumah, cabang arung jeram berlangsung di Sungai Elo Kabupaten Magelang.

Baca juga  Usir Kejenuhan, SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara Bikin Suasana PPDB Serasa Kafe

“Ini hal yang wajar, yang jelas kita inginkan yang terbaik demi prestasi Jawa Tengah di ajang PON Aceh dan Sumut mendatang,” ujarnya.

Optimistis

Ketua KONI Banjarnegara, Nurohman Ahong mengaku, sangat optimistis jika Sungai Serayu layak untuk menjadi venue arung jeram di ajang Porprov 2023. Apalagi dari segi grade sungai, luas sungai, maupun akses jalan sangat mendukung.

“Kami sangat yakin Sungai Serayu sangat layak untuk ajang ini. Semoga setelah adanya survei venue dari panitia ini Banjarnegara bisa menjadi tuan rumah porprov untuk cabang arung jeram. Apalagi Sungai Serayu ini memiliki grade 3 plus atau standart internasional,” katanya.

Baca juga  Abah Tejo Salurkan Bantuan Alquran untuk Warga Dusun Siranti di Banjarnegara

Menurutnya, dengan telah melihat langsung, maka panitia bisa melakukan koordinasi dengan pemangku kebijakan di tingkat KONI Jateng dalam menunjuk Sungai Serayu Banjarnegara sebagai tempat pelaksanaan Porprov 2023 cabang arung jeram.

Berita Terkait

Berita Terkini