Selasa, 24 Mei 2022

Video Diduga Kuburan Upin dan Ipin Viral, Benarkah Ceritanya Diangkat dari Kisah Nyata

Tangkapan layar video TikTok yang mengunggah panampakan kuburan Upin dan Ipin, serta foto asli Opah.

Dalam beberapa hari terakhir, video penampakan dua kuburan Upin dan Ipin viral di media sosial. Potongan video kuburan Upin dan Ipin tersebut, membuat netizen bertanya-tanya apakah kabar tersebut benar adanya? Apakah cerita kartun Upin dan Ipin garapan Les Copaque Production itu berdasarkan kisah nyata?


Purwokerto, serayunews.com

Penampakan dua kuburan Upin dan Ipin yang sudah meninggal sejak sekitar 15 tahun silam itu, pertama kali diunggah pemilik akun TikTok @abang_olank3110, Minggu (16/1/2022).

Baca juga  Geger, Bayi Laki-laki Ditemukan di Pinggir Sungai di Pagedongan Banjarnegara

Selain banyak yang melontarkan ‘teori konspirasi’ seputar Upin dan Ipin, tak sedikit pula yang mengaku terharu atas kabar itu.

Serial kartun berbahasa Melayu yang menceritakan si kembar Upin dan Ipin bersama keluarga dan kawan-kawannya ini, memang sangat familiar di bagi penonton Tanah Air.

“Pantasen gak pernah gede, ternyata cerita berdasarkan khayalan opah 10 tahun lalu,” tulis @abi_alonk3110 dalam keterangan video TikTok-nya.

Potongan video tersebut, diakui pemilik akun didapatnya dari teman yang orang Malaysia.

“Katanya ini berdasar kisah dari nenek di sana yang diungkap ke dalam animasi,” tulis @abi_alonk3110.

Baca juga  Jelang Lebaran, Puan Bagikan 10 Ton Beras untuk Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen

Berita viral kuburan Upin dan Ipin ini, memicu pro dan kontra. Banyak netizen yang penasaran, apakah Upin dan Ipin memang diangkat dari kisah nyata.

Pemilik akun TikTok @omartion24, mengunggah video yang membenarkan kabar tersebut. Menurutnya Upin dan Ipin itu benar ada di dunia nyata. Tanpa menyebut nama daerahnya, tetapi si pemilik akun mengaku berasal dari kampung yang sama dengan kedua bocah kembar tersebut.

“Sebenarnya di sebelahnya, ada kuburan kedua orangtuanya (Upin dan Ipin), tetapi tidak disorot video. Upin dan Ipin ini mengalami tragedi kecelakaan saat sedang berlibur sekitar tahun 1995. Upin dan Ipin meninggal bersama kedua orangtuanya,” kata @omartion24.

Baca juga  Wisatawan Asal Gentasari Cilacap Dilaporkan Tenggelam di Pantai Logending Kebumen

Namun pada saat kejadian, si opah atau neneknya tidak ikut dan hanya menunggu di rumah. Saat kecelakaan terjadi, Upin dan kedua orangtuanya langsung meninggal di tempat. Sedangkan Ipin dan Kak Ros masuk rumah sakit. Setelah koma beberapa waktu, Ipin akhirnya menyusul Upin dan kedua orangtuanya.

“Selama gak ada cerita asli dari Lescopaque, maka semua cerita hanyalah fiktif,” tulis @cyberraya585 dalam kolom komentar.

“Di balik kartun yang selalu buat kita tertawa ada kesedihan mendalam yang dipendam opah,” tulis @callmevee133.

Berita Terkait

Berita Terkini