Kamis, 29 September 2022

Viral Sesajen yang Dibuang, Pegiat Seni dan Budaya Banyumas Kecam Aksi Tersebut

Viral Sesajen yang Dibuang, Pegiat Seni dan Budaya Banyumas Kecam Aksi Tersebut. (Shandi)

Puluhan pegiat seni dan budaya di Kabupaten Banyumas, mendatangi Pendapa Kabupaten Banyumas, Rabu (12/1/2022). Dalam kedatangannya, mereka mengutuk seorang pria yang videonya viral dengan menendang dan membuang sesajen yang berada di Gunung Semeru, di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Purwokerto, serayunews.com

Dalam aksinya, puluhan pegiat seni dan budaya Kabupaten Banyumas tersebut, mengenakan pakaian serba hitam, kemudian mereka juga menggelar aksi di halaman Pendapa Kabupaten Banyumas. Mereka menyalakan dupa, membawa sesajen, dan melakukan doa bersama di halaman tersebut.

Menurut keterangan Koordinator Lapangan Aksi tersebut, Surya Esa, jika hal tersebut merupakan aksi atau reaksi atas kejadian pembuangan sesajen di Gunung Semeru. Pihaknya merasa prihatin akan hal tersebut.

“Secepatnya, orang itu menyerahkan diri ke polisi,” ujarnya.

Surya menambahkan, bahwa selama ini Indonesia tidak bisa terpisahkan dari budaya. Sesajen tersebut merupakan bagian dari budaya. Ia berharap kasus yang ada di Gunung Semeru tidak sampai terjadi di Kabupaten Banyumas. Sehingga aspek budaya di Kabupaten Banyumas tetap terjaga.

Berita Terpopuler

Berita Terkini