Senin, 4 Juli 2022

Wajib Tahu, Pemudik Lebaran yang Masuk Wilayah Cilacap Harus Sudah Vaksin Booster

Wajib Tahu, Pemudik Lebaran yang Masuk Wilayah Cilacap Harus Sudah Vaksin Booster

Pemerintah pusat, sebelumnya telah mengumumkan untuk mempersilakan masyarakat melakukan mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022. Kendati begitu, mereka yang ingin mudik Lebaran ke kampung halaman harus sudah disuntik vaksin Covid-19 2 kali dan mendapat vaksin booster atau penguat.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo mengatakan, untuk arus mudik lebaran tahun ini pihaknya akan melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan. Pemudik yang akan memasuki wilayah Cilacap, nantinya akan dicek menggunakan aplikasi peduli lindungi.

Baca juga  Sejarawan Thomas Sutasman, Luncurkan Buku Pahlawan Nasional asal Cilacap Soekardjo Wirjopranoto 

“Tetap akan ada penyekatan, namun titik beratnya pada pengecekan vaksinasi. Sudah booster apa belum, nanti kelihatan di aplikasi peduli lindungi,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (24/3/2022).

Ia menjelaskan, syarat untuk pemudik yang akan memasuki wilayah Cilacap yakni minimal telah melakukan vaksinasi dosis kedua serta booster. Sedangkan jika baru melaksanakan dosis satu atau bahkan belum divaksin, petugas akan mengarahkan pemudik untuk langsung melasanakan vaksinasi di tempat penyekatan.

“Kami sediakan vaksin di tempat penyekatan, jadi pemudik yang belum divaksin diminta langsung vaksin. Baik yang dosis satu, dua dan booster,” tuturnya.

Baca juga  Anjing Galak Meresahkan Warga di Jalan Sutoyo Cilacap, Tim Damkar Turun Tangan

Meski begitu, Tulus masih belum dapat memastikan waktu pelaksanaan penyekatan di perbatasan, apakah akan dilakukan selama 24 jam atau digelar secara acak. Untuk itu, pihaknya masih akan menunggu hasil rapat yang dilaksanakan bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 Cilacap.

“Jadi gambaranya seperti itu, belum dapat dipastikan memang. Kita masih menunggu hasil rapat bersama Satgas Covid-19,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini