Sabtu, 2 Juli 2022

Warga Banyumas Ingin Bus Trans Buka Trayek sampai ke Kecamatan, Begini Kata Dinhub

Bus trans banyumas
Peresmian Bus Trans Banyumas beberapa waktu lalu. (Foto : Shandi)

Banyak warga Banyumas berharap, Bus Trans Banyumas (BTS) layani trayek sampai ke Kecamatan Banyumas. Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, hingga saat ini masih berupaya menyiapkan koridor untuk sampai ke Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap.Namun, hal tersebut masih menunggu tindak lanjut dari kementrian.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Dinhub Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie mengatakan, menurutnya saat ini BTS masih berada di tiga koridor yakni Koridor 1 dengan rute mulai dari Pasar Pon-Terminal Ajibarang, Koridor 2 dari mulai Teminal Notog Patikraja hingga Terminal Baturraden Bawah, sedangkan Koridor 3 dari mulai Terminal Bulu Pitu hingga ke Kebondalem.

Baca juga  ABG di Banyumas Ini Jadi Spesialis Pencuri Sepeda, Sudah Beraksi di 14 Lokasi

“BTS itu layanannya hanya kabupaten bukan kecamatan. Kemudian yang menentukan koridor adalah Kemenhub (Kementerian Perhubungan, red), karena berkaitan dengan BKO (Biaya Operasinal Kendaraan, red),” ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Agus menambahkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan BTS belum sampai melintasi ke Kecamatan Banyumas. Salah satunya banyaknya kendaraan umum yang melintasi wilayah tersebut.

“Jalur Banyumas – Purwokerto masih padat angkutan eksisting, nanti kita mematikan angkutan eksisting. Jadi kalau semakin jauh biaya operasionalnya semakin banyak dan APBN belum mampu,” katanya.

Meski demikian, pihaknya tengah mengusulkan adanya koridor ke Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Meski keputusannya masih menunggu dari pihak Kementrian Perhubunga.

Baca juga  Astaga! Bulan Mei 3 Orang, Total Selama 2022 Ada 149 Orang Warga Banyumas Meninggal Karena Covid-19

Menurut Atifa (27), warga Kecamatan Banyumas, sangat berharap jika BTS bisa sampai ke Kecamatan Banyumas.

“Saya pernah naik BTS di Purwokerto, enak nyaman adem, modern. Kalau bisa sampai Kecamatan Banyumas sesuai namanya,” katanya.(san)

Berita Terkait

Berita Terkini