Selasa, 24 Mei 2022

Wisatawan Melimpah, Pengunjung Dlas Serang Dirapid Tes Antigen

Petugas Puskemas Karangreja melakukan rapid tes antigen kepada pengunjung kawasan wisata Dlas Serang, Sabtu (15/5/2021) sore. (Joko Santoso)

Tim dari Puskesmas Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga melakukan Rapid Tes Antigen kepada pengunjung di kawasan wisata Lembah Asri (Dlas Serang) Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Sabtu (15/5/2021) sore. Langkah itu dilakukan menyusul melimpahnya wisatawan yang mendatangi objek wisata di lereng Gunung Slamet itu.


Karangreja, serayunews.com

“Rapid tes antigen kami lakukan secara sampling. Pengunjung secara acak kami tes dengan rapid tes antigen. Ini instruksi dari Bupati Purbalingga,” kata Kepala Puskesmas Karangreja, dr Puspa Ayu Lestari.

Baca juga  Waspada dan Jangan Panik, Dinkes Belum Temukan Kasus Hepatitis Misterius Akut pada Anak di Purbalingga

Diungkapkan dari 20 orang pengunjung yang dirapid Tes Antigen, semuanya hasilnya negatif. Diungkapkan pelaksanaan tes secara acak tersebut merupakan bagian dari upaya penerapan protokol kesehatan ketat selama pembukaan objek wisata di masa liburan Lebaran yang masih dalam situasi pandemi.

“Kami menjalankan instruksi dari bupati,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Purbalingga AKBP Fannky Ani Sugiharto dalam kesempatan terpisah mengatakan selain melakukan pengamanan, polisi juga diinstruksikan untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan di kawasan objek wisata.

“Petugas kami yang ada di lapangan terus melakukan sosialisasi. Bagaimanapun kita tidak boleh lengah untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga  Mantap, Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Purbalingga Dilengkapi Gerai Vaksin

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pemkab Purbalingga Kustinah menyampaikan pihaknya mempersilakan pengelola objek wisata buka di liburan Lebaran. Namun pengelola diwajibkan memenuhi ketentuan aturan.

“Di antaranya pembatasan pengunjung maksimal 30 persen dari kapasitas dan juga penerapan protokol kesehatan ketat,” tegasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini